Saturday, May 2, 2009

Olahraga Ekstrim

Akhir-akhir ini temen-temen gue sering banget ngadain yang namanya maen futsal. Dan yang gue bilang sering banget tuh, bener-bener sering banget.
Mungkin dalam seminggu, kegiatan mereka untuk maen futsal lebih sering daripada kegiatan mereka untuk cebok sehabis BAB.

Hmmmm.
Entah kenapa gue ngga terlalu suka yang namanya olahraga normal, kayak: maen bola, maen futsal, maen basket, lempar lembing, makan kerupuk, balap karung, balap kelereng, balap keong (kok makin lama makin ngaco?), ya pokoknya olahraga yang sering dimainin sama orang-orang kebanyakan.
Bahkan gue masih inget, terakhir gue seneng maen bola dan bahkan pernah ikut kompetisi antar RT tuh, waktu gue kelas 5-6 SD. Setelah SMP dan seterusnya, gue ga pernah lagi suka atau maen yang namanya sepak bola. Pernah waktu terakhir gue paksain maen waktu beberapa bulan lalu, permainan gue udah kaku kayak orang downsyndrome, terus gue jatoh mencium lantai dan rahang gue sempet kegeser. Dan akibatnya, gue ngerasa tersiksa banget kalo makan. Kalo gue makan sesuatu, gue berasa kalo makan sambil ditonjokin dari samping.

Gue dari dulu sampe sekarang, lebih suka yang namanya olahraga ekstrim. Bagi gue olahraga ekstrim tuh, selain keren, dan enak diliatinya, itu juga olahraga yang bener-bener olahraga. Soalnya resikonya gede, karna olahraga ekstrim bisa aja bikin orang mati karna gerakan-gerakan dari olahraga itu kalo ngga mati, ya paling tulang-tulang patah atau kegeser.
Coba, misalnya futsal. Apa pernah ada yang mati gara-gara nendang bola? Kalo ada juga gimana caranya? Apa waktu dia nendang bola, tulang kakinya kegeser? (bisa aja kalo kaki lu bisa dibongkar-pasang) Atau, waktu nyundul bola, lehernya patah? Atau yang lebih ngga masuk akal lagi, waktu oper-operan, badanya putus.
Hmmmm, yang terakhir Itu sih bisa, kalo temen gue yang namanya pasqual juga ikutan. Soalnya, kalo dia menguap aja, orang disebelahnya udah kecabik-cabik. Soalnya mulutnya bagaikan parang. Kalo ngga percaya, liat aja fotonya.


Ya Tuhan. Itu bibir kok lancip bener.

Nah, kesenengan gue sama olahraga ekstrim tuh, dimulai waktu gue SD kelas 3. Waktu gue pertama kali dibeliin PS sama bokap gue, dan saat itu gue seneng banget maen yang namanya Tony Hawk Pro Skater (maen Skateboard gitu).
Semenjak saat itu, gue seneng banget sama yang namanya Skateboard sampe pernah minta dibeliin Skateboard kalo gue habis disunat. Tapi nyatanya, sampe kelas 5 SD, waktu gue udah disunat. Gue ngga dibeliin juga. Akhirnya gue Cuma bisa minjem. Dan lama-lama, minat gue jadi skater turun.

Sampe pada akhirnya temen gue ngajakin gue buat maen BMX waktu gue masih kelas 1 sma kemaren. Gue di olahraga BMX ini punya banyak banget pengalaman enak dan ngga enaknya. Salah satu Contoh yang ngga enaknya, waktu pertama-tama gue maen, dan mainin trick dasar yang namanya Roll (jalanin sepeda waktu kita lagi berdiri di roda depan), gue jatoh karna jalananya berpasir dan gue kepeleset. Gue jatoh dengan dada menghantam aspal. Waktu itu, gue sempet sesek napas sampe 2 hari, dan nyut-nyutanya ampe berminggu-minggu. Dan contoh keduanya, waktu gue lagi nyobain trick yang seharusnya ngga dimainn sama pemula. Nama tricknya Backyard (berdiri diatas sepeda dengan hanya roda belakang aja yang nyentuh tanah). Gue waktu itu dengan Bego nya, tergelincir, dan kepala gue kejedot sama jalu (besi yang biasa dipake sama pemaen BMX di roda depan sama roda belakang). Akhirnya pala gue berdarah-darah walaupun dikit. Mungkin ini juga yang ngejelasin kenapa gue rada bloon. Pokoknya gue sering banget ngalamin yang namanya jatoh ke tanah, dan dapet cedera-cedera. Kaki bengkak aja, setiap hari udah pasti dapet. Tapi tetep gue nikmatin, jatoh-jatohnya itu.
Dan pengalaman enaknya adalah, gue pernah ke bundarah HI naik sepeda, bareng anak-anak BMX sebekasi waktu tahun baru, dan gue punya banyak kenalan dari BMX ini.

Tapi perjalanan gue maen BMX Cuma bertahan 1 setengah tahun, karna anggota BMX nya udah pada mencar, walaupun kadang-kadang masih suka ngumpul. Padahal gue udah ngeluarin banyak biaya buat sepedanya. Dan sekarang, sepeda gue malah dijual sama temen gue waktu gue pinjemin ke dia. Begonya gue.

Dan sekarang, gue ngga punya kegiatan olahraga ekstrim lagi. Sampe akhirnya gue kenal yang namanya Parkour atau Yamakazi.
Itu lho, olahraga yang Cuma bermodalkan sepatu sama nyali. Olahraga ekstrim yang Cuma lompat-lompat kayak pocong ke sana-sini. Loncatin pager yang tingginya 4 meter, lompat dan masuk ke sela-sela besi, atau loncatin gedung. Kalo lo pernah nonton video klipnya madona yang judulnya Jump, lu pasti tau.

Gue tertarik sama parkour, karna temen chatting gue yang namanya dyto sempet ngenalinya ke gue. Dia ngasih tau situs resmi anak parkour Indonesia dan video-video untuk pemula. Dan niatnya sih, waktu gue udah masuk ke dunia perkuliahan, gue mau nge kos di sekitar senayan dan lalu masuk ke dalam komunitas parkour tadi dan gue jadi anak parkour deh.
Kan keren kalo gue udah jadi anak parkour yang udah berpengalaman. Gue loncat-loncat kesana-sini kayak Spiderman.
Gue lompat, pager lewat.
Gue lompat, gedung lewat.
Gue lompat, mars lewat.
Gue lompat terus-terusan, bisa-bisa akal sehat lewat.

2 comments:

  1. Mar, sekalian ajak kakek-kakek-bergetar-penjaga-warnet-kalajengking itu buat ikut Parkour, daripada nge-DJ di alas mouse tiap hari.

    ReplyDelete
  2. wah, jangan.
    bisa repot kan.
    nanti kalo dia lebih jago daripada master disana gimana?

    ReplyDelete