Tuesday, May 5, 2009

Dolmen atau Menhir?

Haha.

Kata pembuka tulisan gue sekarang adalah “haha”. Elu tau kenapa? Haha (lagi).
Soalnya, tadi siang, waktu di sekolah, gue ngerjain soal US (ujian sekolah) yang subjeknya adalah pelajaran sejarah.
Walaupun gue sama sekali ngga mirip sama orang jaman dulu. Tapi di pelajaran sejarah ini, gue lumayan maju walaupun belajarnya makin lama makin mundur (pembahasan di pelajaranya).
Dan bagi gue, pelajaran sejarah ini lebih gampang daripada soal Ppkn kemaren.
Soalnya soal Ppkn buat SMA, udah ngga bisa dibaca make logika lagi, kayak di SD atau SMP.
Kalo di SD kan soalnya masih gampang dan kebaca banget. Karna diantara pilihan gandanya Cuma ada 1 jawaban yang masuk akal dan nyentrik, dibandingkan sama pilihan lain yang hanya orang yang punya otak seperduapuluh ons yang mungkin milih...(terlalu banyak kata “yang”, jadi bingung sendiri gue).
Sebagai contoh nya:

Jika ada teman mu yang kesusahan, kita sebaiknya menunjukan sikap...
a. tenggang rasa.
b. Kasihan aja.
c. Tidak kasihan.
d. Biasa aja deh.

Dari soalnya aja udah kebaca banget kan. Kalo jawabanya itu yang “D”. Orang bego mana yang jawab “A”, ya kan?

Nah, kalo di SMA udah harus make hafalan kita. Ngga bisa lagi make logika kayak di SD.
Contohnya:

Walaupun kita semua tahu kalo kita masih hidup di tahun 2009. Tapi siapakah presiden Indonesia di tahun 2039?
a. SBY
b. Omar Firdauzy
c. Jawaban yang “A” itu salah, yang bener yang “B”
d. Yah, ngga percaya. Jawaban nya yang “B”
e. Demi tuhan. Jawabanya yang “B”

Tuh. Susah banget kan soalnya. Pokoknya, Ppkn Sma tuh dewa kampret diantara dewa kampret.

Oke, kembali ke masalah pelajaran sejarah tadi.
Di dalam soal sejarah tadi. Sempet ada soal (yang tadinya) sepele dan (mendadak dibikin) jadi heboh oleh gue sama irfan.
Kalo ngga salah soalnya kayak gini.
Disebut apakah batu tempat meletakan sesaji pada jaman dahulu...(kurang lebih intinya sama)
a. Menhir.
b. Dolmen.
c. Waruga.
d. Punden berundak.
e. Sakrofagus.

Bingung kan lu. Bukan bingung soalnya, tapi bingung “kenapa murid Ipa ada Sejarahnya?”. Itulah keCACATan sekolah gue (kalo ada yang mau ngirim nuklir, gue kasih koordinatnya).

Nah, di jawaban itu gue mikir make logika gue, yang gue rasa sih sangat-sangat-sangat-bisa gue andelin. Gue mikir “hmmm, kalo yang “D” udah pasti bukan, dan yang “C” itu kuburan batu, dan kalo yang “E” itu sama kayak c tapi ini adalah petinya”.
Berarti dalam logika gue, yang tersisa tinggal A dan B dong. Dan logika gue muter lagi “ dan kalo menhir... menurut film asterix dan obelix sih. Menhir tuh Semacam tugu gitu, yang sering dibawa obelix dipunggungnya. Jadi udah pasti jawabanya yang B”
Jadi gue ngejawabnya yang B.

Nah, si irfan manggil gue. Karna, gue sama dia, soalnya sama-sama A.

Irfan: mar, mar. Liat.
Gue: *nunjukin LJK gue*
Dia: itu yang nomer 6, B ya?
Gue: iya.

Tapi, karna dia ngga percaya. Dia nanya sama orang yang ada di depanya dia, yang namanya Febri (hoi feb) yang kenyataanya dia itu adalah ranking 1 di kelas.
Dia manggil gue lagi.

Dia: mar, nomer 6 bukan B. Tapi menhir.
Gue: gue yakin banget kok. Kalo menhir mah tugu batu gitu. Gak pernah nonton asterix dan obelix ya?

Dan pembicaraan gue sama irfan itu ternyata kedengeran sama anak-anak kelas. Dan anak-anak kelas juga bilangnya kalo menhir. Katanya, menhir itu tugu batu buat naro sesajen.... ORANG BODOH MANA YANG BERANGGAPAN GITU?!.
Gila aja. Masak, tugu buat naro sesajen. Gimana caranya? Yang gue tau tuh menhir tingginya kurang lebih 2 meter, kasian amat arwah-arwah yang dikasih sesajen setinggi itu. Kalo dia bisa terbang sih ngga apa-apa. Tapi kan jaman dulu belom ada pelm DragonBall. Jadi mereka belom tau, terbang itu kayak gimana (tapi ada juga sih, menhir yang bantet)

Karna anak-anak bilang kalo jawabanya menhir. Gue akhirnya nyerah dan nanya sama si anggoro. Soalnya, setelah gue selidikin. Anggoro tuh lahir waktu jaman Arkaekum (zaman waktu bumi masih dibentuk. Bumi masih belom stabil, masih panas, dan parahnga ngga ada yang jual coca-cola), jadi secara tekhnis dia itu manusia purbanya manusia purba and it means, dia punya banyak pengalaman.
Jadi gue tanya ama dia.

Gue: gor, sebagai sesepuh bumi. Lu jawaban yang ini pasti tau kan? Jawabanya apa?
Dia: kalo gue sih dolmen.
Gue: *teriak ke irfan padahal masih ada pengawas* tuh kan. Anggoro aja jawabanya dolmen.
Irfan: menhir mar.
Gue: lu harus percaya sama dia. Planet Pluto sama dia, lahirnya duluan dia. Jadi dia lebih tau.

Tapi dia dan anak-anak laenya masih tetep aja jawab menhir. Dan guru sejarah gue dateng. Dan gue nanya ke dia.

Gue: pak.
Dia: iya.
Gue: kok lu culun?
Dia: takdir. Ada pertanyaan lain?
Gue: iya pak, menhir kan tugu batu ya pak?
Dia: iya, menhir itu tugu batu.
Gue: dan dolmen itu tempat naro sesajen.
Dia: iya, dolmen itu tempat naro sesajen.
Gue: *teriak lagi ke irfan* makan tuh delman. Guru cupu kita aja bilang kalo dolmen.
Masih guru gue: kalo sakrofagus itu, peti dari batu, kalo waruga kuburan batu.
Gue: bodo amat.

Walaupun, guru sejarah gue udah masuk dan ngasih tau kalo tempat naro sesajen itu namanya dolmen, mereka tetep aja jawabnya menhir. Tapi karna gue itu suka nyolot kalo jawaban yang sangat gue yakinin dibilang salah, gue tetep ngeyakinin mereka kalo jawabanya dolmen. Tapi mereka ngga mau denger. Dan gue bilang sama si irfan.

Gue: fan, nanti kejadian ini gue masukin ke blog. Lu liat hasilnya nanti malem.
Dia: boleh, sekalian mar. lu taro foto yang mana yang namanya menhir, dolmen, sama sakrofagus.
Gue: iya, liat aja. Kalo gue yang salah, gue bakal ngaku salah dan gue sembah-sembah lu di blog gue.

Tentu aja gue ngga mau. Mending gue nyembah “ Batu Buat Cebok” yang di garut sana daripada nyembah dia.
Dan sepulang sekolah, gue ngeyakinin kalo jawaban gue itu bener. Gue liat buku sejarah kelas 1 sma punya adek gue. Dan ternyata.............. Dolmen itu meja batu berkakikan menhir tempat sesajen dan berfungsi buat nutup sakrofagus.
Ternyata gue yang bener, dan ngga tau berapa orang yang gue yakinin kalo jawabanya dolmen. Pokoknya, yang jawab Dolmen, I Lop Yu, muuuach (besok yang jawab dolmen muntah-muntah nih).
Dan ini berarti 1 jawaban yang bener dari 49 SOAL LAINYA.
Hmmmm. Kalo ngeliat kata “dari 49 SOAL LAINYA” di atas, gue jadi ngerasa bego. Karna udah berdebat karna 1 soal doang.
Tapi gak apalah. Toh 1 nomer juga udah lumayan, walaupun ngga bisa dibanggain.
Hahaha.

Tapi sesuai yang gue janjiin ke si irfan, gue bakal ngasih poto dolmen dan kawan-kawanya.

Dolmen

Ini Dolmen yang ada di halaman belakang gue. Luas kan Halaman belakang gue?

Menhir (yang lagi bobok)


Ini Menhir atau Kue Croissant???



Dan, gue juga mau berterima kasih sama si anggoro yang udah ngedukung gue. Tararengkyu Gor.


Anggoro bilang "Santai aja mar. Selama gue masih bisa nakut-nakutin, gue pasti....hmmmm.... ya nakut-nakutin. Yang penting tetep METAL".

4 comments:

  1. haha,
    gak slh lo nnya sma goro mar,
    jawaban lo & dia ternyata yg bener,

    oia, mau nnya 1 lg mar,
    itu poto yg ketiga manusia purba jenis apa?
    hahahahaha..

    ReplyDelete
  2. sebelumnya gue udah yakin kok kalo dolmen.
    lu nya aja yang sotoy.

    yang ketiga itu poto pitehecantropus angkermampus.

    ReplyDelete
  3. From : Operator Web Primbon

    Atas tindakan anda yang menggunakan foto pitehecantropus angkermampus yang notabene merupakan dokumen dari Primbon.com secara illegal.

    Anda selaku yang berlaku dikenakan sanksi dari pasal-pasal Hukum Kejahatan Cyber no.69.

    Anda dijatuhi hukuman memandangi foto pitehecantropus angkermampus selama satu minggu penuh. (belum termasuk mengedip mata)

    Atau membayar denda 0,0005 Peso.

    ReplyDelete
  4. wah.
    gue suka tuh nomer pasalnya.
    tapi, demi menyelamatkan nyawa gue. Gue rela membayarkan US$6juta.
    transfernya lewat wesel aja ya.
    belom punya credit card.

    ReplyDelete