Thursday, July 2, 2009

Maafkan Aku. Oh, Batu...

Waduh... Waduh.
Ternyata di beberapa postingan gue yang terdahulu banyak banget kesalah pahaman. Dan gue baru tau yang sebenernya baru-baru ini.
Salah satu yang termasuk kesalah pahaman tadi adalah mengenai postingan gue yang kedua di blog ini. Yaitu tentang perjalanan mudik gue ke Garut waktu oktober kemaren.

Jadi, ceritanya, gue akhir-akhir ini menyalin semua cerita dari blog gue ke dalem komputer gue. Gue salin dari Cuma iseng, dan Cuma Iseng 2.
Semuanya gue copy ke dalam flashdisk gue dan gue masukin ke dalam folder yang udah gue siapin. Mungkin ngga semuanya. Yang menurut gue perlu aja.

Dan setelah beberapa hari cerita itu semua ada di komputer gue, bibi gue yang juga termasuk saudara gue (Baca: Bagian mana dari kata ‘Bibi’ sih yang ngga lu ngerti?!) yang bernama Bi Lilis (tentu bukan nama asli) bilang ke gue “Atuh oji mah salah teh!”. Gue pikir “Salah teh?. Dirumah perasaan ngga ada teh lain selain Sari Wangi”. Setelah gue mikir, gue jawab “Salah teh apa?”.
“Bukan teh apa. Tapi oji salah teh!”
Gue mulai bingung “Apa sih?”.
“Itu, tutulisan oji dina komputer”
“Oowh. Emang oji nulis teh apa?”
“Eta, yang waktu oji mudik ke Garut”. Gue kaget. Bukan kaget karna dia udah tau tentang tulisan gue. Tapi kaget, ternyata dia bisa mengaktifkan komputer.
“Oh itu. Kenapa emangnya?” gue mulai penasaran.
“Eta, yang oji bilang Batu buat Cebok. Itu mah bukan buat cebok”
“Loh? Jadi buat apa?” gue jawab.
“Itu teh buat bersihin Daki” dia ngejawab dengan santai sementara gue udah capek dengerin dia sekaligus berteriak dalam hati “Sama aja Jijiknya!”

Jadi, buat sang Batu Cebok. Gue pribadi meminta maaf dari lubuk hati gue yang paling dalam sedalam-dalamnya. Untuk menebus kesalahan gue, nanti elu gue kasih pasangan berupa batu kali yang cantik.
Tapi, dari semua itu, gue jadi bingung lagi. Kalo buat Daki, kenapa batunya bisa bau? Apa karna Daki orang garut itu mempunyai ciri khas? Dan apa mungkin karna ke-khas-an nya itu, suatu hari mungkin ada toko yang memasang papan yang bertuliskan “Toko Emen. Menjual Daki khas Garut”?
Entahlah. Hanya tuhan yang bisa menjawab.

(Postingan diatas ini sebenernya udah gue tulis sebulan yang lalu, dan menimbulkan kerusuhan kecil di rumah gue. Kerusuhan yang menimbulkan senyum di wajah orang Garut itu sendiri. Dan kejadiannya ternyata berbeda sama yang ada di otak gue. Di otak gue sempet terbayang, setelah mereka membaca postingan ini. Bi Lilis langsung berdiri di hadapan gue sambil membawa penggaruk tanah, dan di kepalanya ada tanduk berwarna merah disertai latar api di belakangnya, dan berkata kepada gue “Rasakan Daki orang Garut ini!!!” sambil menggesekan kulitnya ke rambut gue.)

Anyway, gue hari ini baru selesai SNMPTN di salah satu SMA di bekasi. Setelah menjalani 2 hari tes.
Di hari pertama gue mengerjakan Tes Potensi Akademik (TPA), dan Tes Kemampuan Dasar (TKD). Dan di hari keduanya, gue mengerjakan Tes IPA, dan Tes IPS (karna gue mengambil IPC).
Di hari pertama, seperti yang udah gue kasih tau diatas, gue mengerjakan TPA dan TKD.
Di saat gue mengerjakan TPA, gue ngga mengalami kesulitan sama sekali. Karna TPA itu sama saja mengetes kemampuan logika bahkan hitung-hitunganya pun juga memakai logika, dan gue sendiri yakin banget sama logika gue. Jadi gue ngerjain semuanya tanpa cara “Nembak”.
Beda dengan TKD, IPA, dan IPS. Di ketiga tes itu gue memakai cara Nembak tadi.
Temen gue bilang ke gue “Kenapa lu nembak mar? Bukanya lebih baik kalo lu kosongin?”. Itu adalah perkataan salah. Balik lagi ke logika tadi. Kalo gue kosongin, gue dapet kosong. Kalo gue salah, gue minus satu. Dan kalo gue bener, gue dapet nilai 4.
Begini mudahnya.

Benar = 4.
Salah = -1.
Kosong = 0.

Nah, misalnya kalo gue nembak tentu aja gue lebih untung daripada kosong. Kenapa gue bilang kayak gini? Soalnya kalo gue nembak emang lebih untung.
Misalnya diantara 20 nomer gue ngga bisa jawab. Dan misalnya gue ngga isi, tentu aja gue ngga dapet nilai.
Beda lagi kalo gue Nembak. Kedua puluh nomer itu gue tembak misalnya ‘C’ semua. Mustahil dong kalo dari 20 nomer itu ngga ada ‘C’ nya. Kalo emang gitu, kemungkinanya kecil banget. Jadi, misalnya dari 20 nomer yang gue tembak itu yang kena Cuma 5, berarti gue dapet nilai 20. Dan gue salah 15, berarti minus 15.
Hitung saja, 20 – 15 = 5.
Jadi gue masih plus 5. Lebih baik daripada kosong kan?

Dan ada satu hal yang paling gue sesali. Yaitu gue ngga mengisi nomer absen di ketiga tes dari 4 tes itu. Di ketiga tes itu, gue nomer absennya ada yang ngga diisi. Hanya satu huruf, dan itu adalah huruf yang mungkin menentukan.
Dan waktu gue tanya ke pihak panitia tentang ini mereka malah jawab “Waaah, kalo itu sih mungkin ngga dilacak mas. Soalnya mereka ngga tau anda peserta keberapa”.
Gue langsung keringet dingin begitu mengetahui kalo semua yang gue kerjakan hasilnya sia-sia. Dan itu hanya karna disebabkan satu angka yang ngga gue isi. Angka tiga. Dan kemungkinan besar gue ngga bakal tembus... *Sedih*
Tapi gue ngambil hal yang positifnya dari kalimat yang dilontarin oleh panitia itu, yaitu sebuah kalimat ajaib yang berbunyi “Mungkin”. Jadi gue masih bisa berharap, dan masih mau berharap.

No comments:

Post a Comment