Sunday, August 29, 2010

Makanya... Mikir

Gue jadi makin yakin aja kalo ada yang nggak beres sama orang-orang di rumah gue.
Kalo dulu gue nyeritain tentang keanehan bokap gue dan bibi gue, sekarang gue mau nyeritain keanehan anggota keluarga gue yang laen, yaitu: Nyokap gue.

Nyokap gue itu nggak tau kenapa suka banget menghubungkan segala hal ke kebiasaan buruk gue tanpa mikir. Masih inget postingan gue yang nyeritain tentang gue ke dokter karena leher gue sakit? Nyokap gue waktu itu menghubungkan penyakit sakit leher gue sama kebiasaan buruk gue saat itu yaitu keseringan di depan komputer.


Dokter: Jadi masalahnya apa, Mas?

Gue: Ini, Dok, leher saya sakit. Udah berbulan-bulan tapi nggak ilang-ilang.

Dokter: Apa mungkin salah tidur?

Gue: Nggak tau deh, Dok. Tapi kayaknya sih bukan.

Dokter: Hmmmm... (mikir sejenak)

Nyokap: (motong) Itu mungkin karena kelamaan di depan komputer ya, Dok? Soalnya dia sering banget lama-lama di depan komputer dan blablabla.

Dokter: Mungkin juga, Bu. Soalnya kalau di depan komputer, otot jadi blablabla. Tapi kayaknya itu beda, Bu.

Nyokap: *Ngotot* Nggak juga, Dok. Emang mungkin karena kelamaan di depan komputer. Dan blablabla.


Gue bahkan waktu itu bingung siapa yang dokter dan siapa yang bukan.

Kalo soal sakit leher tadi dihubungkan sama “kelamaan di depan komputer” sih emang masih wajar.
Kejadian terbaru yang gue alamin itu lebih nggak wajar.

Sebelum bulan ramadhan kemaren, gue sempet kena penyakit anyang-anyangan. Penyakit itu ngebikin gue sulit buang air kecil. Gue kena penyakit itu mungkin karena gue jarang minum air putih. Dan tebak apa yang nyokap gue sambung-sambungin? Dia bilang gue kena penyakit anyang-anyangan karena sering pulang maen malem-malem.


Gue: Ma, besok ke dokter, ya?

Nyokap: Kenapa emangnya?

Gue: Oji kena penyakit anyang-anyangan.

Nyokap: Oh, makanya kamu itu jangan suka pulang malem-malem.


Gue cuma diem, soalnya gue lagi males ngejelasin kalo pendapat sang nyokap itu nggak ada hubungannya. Terus waktu gue jalan menjauh, nyokap gue ngomong lagi.


Nyokap: Penyakit anyang-anyangan itu penyakit apa sih?


Gubrak!

Dan besoknya gue ke dokter, dan nyokap gue masih ngotot berpendapat kalo gue itu kena anyang-anyangan karena gue suka pulang maen malem-malem. Itu bisa diliat dari pembicaraannya sama si dokter.


Dokter: Jadi masalahnya apa, Mas?

Gue: Anyang-anyangan, Dok. Sama masalah pencernaan.

Dokter: Jadi kalo buang air kecil sakit gitu?

Gue: Iya, Dok.

Nyokap: (motong) Iya, Dok. Mungkin karena anak saya suka pulang maen malem-malem, ya?

Dokter: Ya nggak ada hubungannya kali, Bu.

Nyokap: Oh jadi nggak ada hubungannya?


Haha. Waktu itu gue Cuma ketawa di dalem hati sambil ngebayangin skenario laen di otak gue.


Nyokap: Iya, Dok. Mungkin karena anak saya suka pulang maen malem-malem, ya?

Dokter: Ya nggak ada hubungannya kali, Bu.

Nyokap: Oh jadi nggak ada hubungannya, Dok?

Dokter: Iya, Bu, jadi anyang-anyangan itu disebabkan kurang minum atau bakteri E. Coli yang masuk ke tubuh.

Nyokap: (ngotot) Yakin, Dok?

Dokter: Iya, Bu.

Nyokap: (masih ngotot)Tapi kayaknya karena sering pulang maen malem ah.

Dokter: Yang jadi dokter di sini siapa sih?!

Nyokap: Ya bu dokter lah. Kan ibu yang punya gelar sarjana kedokteran.

Dokter: Yaudah kalo tau begitu ya dengerin kata-kata saya dong!

Nyokap: Lah yang nggak dengerin siapa?

Dokter: Grrr...

Hening sesaat...

Nyokap: Tapi yakin, Dok, kalo bukan karena pulang maen malem-malem?


Ya begitulah. Walaupun nggak masuk akal, siapa tau beneran ada kejadiannya. :P
Tapi gue mikir misalnya kena penyakit laen, apa nyokap gue masih suka menghubungkan sama hal yang nggak nyambung?

Misalnya gue kena kecelakaan yang ngebikin tangan gue harus diamputasi, dan ngebuat gue lumpuh soalnya syaraf gue juga jadi terganggu karena kepala belakang gue terbentur keras, nyokap gue mungkin bakal ngomong...

- Makanya, kamu itu jangan sering keluar malem.
- Makanya, kamu itu jangan kelamaan di depan komputer
- Makanya, kamu itu jangan pake sendalnya papa
- Makanya, jangan suka ngupil.
- Makanya, sikat gigi yang teratur.
- Makanya, sisir rambut yang bener.
- Makanya, bersihin kamarnya.
- Makanya, setrika baju sendiri.
- Makanya, jangan suka ngomong makanya.
- Makanya, makan.

... walaupun nggak nyambung.

2 comments:

  1. hahahaa begitulah ibu-ibu! kapan2 kalo ke dokter gak usah ngajak2, cukup minta duit saja! :D

    ReplyDelete
  2. Wah udah ada komen.
    Oke, Mas. Kapan2 kalo ke dokter saya minta duit aja... terus kabur ke game center terdekat.

    ReplyDelete