Sunday, August 8, 2010

Tips: Cara Kenalan Standar

"Hai, Neng. Senyumnya manis deh." "Makasih, senyumlu najong deh."



Pertama-tama, postingan ini ditujukan ke cowok-cowok yang mungkin putus harapan sama urusan jodoh, dan mungkin sebelumnya pernah kepikiran untuk pergi ke dukun untuk melet cewek untuk jadi pacarnya.
Saran gue: Jangan! Baca dulu postingan gue ini. Hehe.

Dan buat para cewek yang baca, hmmmm, terserah deh mau baca atau nggak. :p


Oke, gue bikin postingan kayak gini karena gue mau ngebantu para cowok non-agresif yang nasibnya sama kayak gue (bedanya mereka belom tau tips ini). Selain itu juga karena gue sempet baca salah satu thread kaskus yang ngasih tips gimana cara kenalan sama cewek asing yang belom kita kenal. Setelah gue baca tips di thread itu, gue sempet senyum-senyum sendiri, bukan karena lucu atau apalah, tapi karena tips yang ada di situ persis kayak cara gue.

(Baca: Ah, yang bener, Mar?)

Bener dah, sumpah. Semua tips kenalan itu sama kayak pikiran gue. Dan itu terbukti berhasil.
Dan gue bilang kayak gitu, bukan karena gue tipe playboy atau cowok yang luwes di depan cewek ya. Gue sendiri selama 19 tahun hidup gue ini belom pernah ngerasain yang namanya pacaran. Bukan karena gue homo atau payah atau homo yang payah. Menurut gue, wajar aja kalo kita belom nemuin orang yang cocok untuk jadi pasangan kita.

(Baca: Tapi 'kan cuma untuk pacar, Mar. Bukan untuk nikah. Nggak perlu serius-serius lah.)

Kata-kata kayak gitu udah sering banget dilontarin sama orang di sekitar gue, tapi gue punya pandangan beda dari mereka. Bagi gue yang namanya pacaran itu harus serius, karena hubungan yang dijalin itu bukan maen-maen. Supaya ujungnya nggak buang-buang waktu dan duit. Dan gue nggak mau cuma buang-buang waktu dan duit. Terserah dah lu pada mau bilang gue pecundang atau katrok. Toh gue tetep keren dan makannya masih make tangan (yeah! Nggak nyambung jaya)

Oke, balik lagi ke masalah tips.
Selama ini gue punya cara yang lumayan jitu buat kenalan sama cewek yang asing atau apalah. Jadi, misalnya lu itu cowok yang agak susah mau ngomong kalo ketemu cewek di luar (mall, jalanan, atau kuburan) baca tulisan ini.

Sip. Ayo mulai!!

Pertama-tama, elu (cowok) kalo mau kenalan sama cewek yang nggak lu kenal, apa yang lu lakuin?

1. Samperin dia dan ngomong "Sendirian aja, Neng?"
2. Samperin dia dan ngomong "Hai, boleh kenalan?"
3. Samperin dia dan ngomong "Sendirian aja, Neng? Hai, boleh kenalan?"
4. Samperin dia dan ngomong "Siapa ya?"


Kalo cara lu ada di salah satu pilihan di atas, selamat, Anda salah. Apalagi kalo yang nomer 4. Itu bukan salah, tapi bego.

Kenapa? Soalnya para cewek bakalan nggak nyaman sama pertanyaan itu. Mereka mungkin udah sering denger pertanyaan basa-basi begitu, jadi mereka nggak tertarik, karena itu ngebosenin. Udah terlalu sering. Selain itu, tindakan kayak gitu juga nunjukkin banget kalo lu emang tertarik sama dia. Dan itu ngebuat elu sebagai cowok, langsung ada di bawah posisinya dia. Dan para cewek merasa nggak tertantang lagi, akhirnya si doi jadi males.
Seharusnya, lu itu harus jantan, dan sembunyiin ketertarikanlu. Jadilah jaim. Dan buka percakapan make kata "Hi, apa kabar?" atau "Hi" aja udah cukup.
Itu kesalahan pertama.

Selain itu, kesalahan lainnya dari para cowok adalah, mereka langsung nyerah ketika sang cewek masang tampang asem ketika si cowok nanya pertanyaan salah kayak di atas tadi. Mereka udah keburu males waktu si cewek langsung masang muka yang kayaknya ngomong "Idih, siapa sih nih?" Pertama-tama, itu wajar aja. Walaupun mukalu itu ganteng, menarik, atau berkilau-kilau kayak si vampir di pelm-pelm, para cewek pasti bakal masang tampang kayak gitu, soalnya lu masih jadi orang asing bagi dia. Hal yang harus lu lakuin tuh terus maju aja.
Itu kesalahan kedua.

Nah, ini yang paling penting. Setelah lu udah nyapa dia, dan elu udah maju terus tanpa minder, lu harus ngobrol sama dia!
Dan kesalahan bego para cowok (seenggaknya temen-temen gue) lainnya adalah: Terus nanya-nanya kayak petugas sensus.
Biasanya para cowok bakal nanya, "Anak mana?", "Sendirian aja?", "Sekolah/Kuliah di mana?", atau "Mau ngeliat koreng gue nggak?"
Ayolah, itu bener-bener basi. Dan gue yakin tuh cewek pasti bosen abis. Misalnya si cewek itu senyum-senyum jawabnya, mungkin itu boongan padahal di dalem hati dia bilang "Ah, kampret! Nanya-nanya mulu. Semalem 'kan gue belom belajar."
Yang harus lu lakuin adalah jangan kebanyakan nanya basa-basi, tapi obrolin hal lain aja. Dan misalnya elu bukan playboy sejati atau orang yang jago ngomong, lu bisa siapin skenario dulu.

Haha, emang kedengerannya konyol dan bego ya, lu harus nyiapin segala skenario cuma buat kenalan. Tapi percaya dah, itu bakalan berhasil. Dan itu bakal ngebikin lu siap sama apa aja balesan yang lu dapet, dan elu jadi nggak mati gaya.
Dan jangan lupain kata-kata gue sebelomnya, jangan siapin skenario yang mengandung kata "Sendirian aja nih?" atau dll. Walaupun skenarionya udah bagus, tapi kalo dirusak sama pertanyaan bego kayak gitu, hasilnya bakalan nihil.
Skenario yang harus lu siapin adalah hal yang menarik buat diobrolin. Bukan menarik buat elu, tapi buat si cewek, cuma buat perkenalan aja. Jadi, jangan sekali-kali ngomongin hobi lu atau otomotif. Tentu aja si doski bakalan bete.

Nah, gue kasih tau lagi nih pengetahuan gue tentang cewek. Cewek itu suka sama topik pembicaraan yang nyerempet tentang hubungan, pacaran, cowok-cewek, atau sejenisnya. Nggak tau kenapa, tapi kayaknya sih emang begitu. Jadi, misalnya elu mau buat topik, bikinlah yang bertemakan itu.

Contoh yang pernah gue pake dulu waktu gue lagi bareng temen gue, dan temen gue nyuruh gue untuk ngajak cewek kenalan (ini urusan laki-laki, dan menyangkut harga diri soalnya (halah)):

Pertama-tama jangan lupa, "Hi, apa kabar?" dan basa-basi ringan. Waktu udah jalan dan tiba waktunya untuk ngobrol, omongin aja yang nyerempet hal tadi.


"Hmmm, sorry nih. Gue boleh nanya kan? (kalo ditambah lucu-lucuan dikit bakal lebih bagus. Paling nggak buat dia senyum) Gini nih, gue rasa cuma cewek yang tau, jadi gue butuh pendapatlu. Temen gue 'kan pernah kenalan sama cewek, dan akhirnya mereka kenalan. Hmmm, mereka sih kayaknya udah asik, udah sering SMS-an, dan telfonan, ya pokoknya udah lumayan deket lah. Tapi, akhir-akhir ini si cewek nggak mau angkat telpon lagi, bahkan SMS aja nggak dibales. Padahal temen gue nggak salah apa-apa. Nah, lu 'kan juga cewek, mungkin lu tau kenapa si cewek jadi gitu, menurut lu kenapa?"


Si cewek itu nggak bete atau sejenisnya. Justru sebaliknya, dia ngejawab dengan senang hati. Beneran. Karena dasarnya cewek suka sama pembicaraan yang berbau itu.
Nah, misalnya elu ngikutin cara itu, dan dia udah selesai jawab. Lu tanya lagi sama pertanyaan yang menyangkut hal tadi.


"Terus gimana dong temen gue ini? Apa yang harus dia lakuin? Kan kasian juga. Tapi ini temen gue lho."


Lalu dia bakal jawab panjang lebar.


"Oh gitu. Kayaknya lu udah berpengalaman banget nih. Hehe. Pernah ngalamin kejadian sama, ya?"


Terus doi bakal ngejawab lagi.

Dan lu tanya lagi pake pertanyaan yang sejenisnya. Dari situ semua, paling nggak dia udah ngobrol sama elu selama lima menitan, dan dia mungkin udah ngerasa asik. Nah, selanjutnya terserah elu deh mau ngobrolin apa lagi. Asal jangan yang basi aja.

Nah, misalnya lu udah punya topik bagus, pembuka yang bagus, dan ngikutin apa kata gue sebelumnya tadi, berarti selamat untuk elu. Lu udah berhasil. Tapi, misalnya lu udah siapin semuanya, dan tiba masanya praktek, lu jangan gugup dan salting.
Percaya atau nggak, kalo misalnya lu ngelakuin satu gerakan salah ke dia, si cewek bakal tau kalo lu lagi grogi. Dan dia bakal nyari cara untuk lepas dari lu.
Soalnya cewek itu memproses komunikasi 60% -nya dari body language elu. Jadi, misalnya lu gugup dia bakal tau. Makanya itu body language itu penting.
Hal yang harus lu lakuin adalah santai aja, dan PD. Jangan tunjukkin kemaluanlu, karena itu bahaya. Kemaluan yang lu punya lu sembunyiin aja... eh, kayak ada yang janggal. Maksud gue dengan kemaluan itu adalah rasa malu. Bukan suatu makhluk hidup yang hidup di selangkangan. Hehe.
Dengan lu nyembunyiin kemaluan... eh, rasa malu elu, maka pembicaraan bakal ngalir lancar.

Oh iya, ada satu lagi nih yang harus lu tau sebagai cowok kalo mau kenalan sama orang asing. Misalnya lu ngomong sama si cewek, lu jangan belaga atau sok-sokan lembut. Maksud gue, nada omonganlu jangan dilembut-lembutin. Ngomong aja kayak biasa.
Itu kesalahan umum para laki-laki ke cewek. Niatnya sih mungkin mau nunjukkin sisi lembut dia sendiri ke si cewek. Tapi tanpa sadar si cowok malah terintimidasi sama si cewek. Itulah hebatnya cewek, jadi jangan anggap remeh.
Selain itu, nggak dikit juga cewek yang nganggap kalo si cowok yang nada omongannya dilembut-lembutin malah bikin si doi jijik.
Ayolah, elu baru kenal dia, dan lu udah lembut-lembutan kayak gitu? Si cewek bakal ngerasa lu itu sejenis om-om horny yang lagi nyari mangsa kenalan anak SMA, otomatis dia bakal ngacir. Atau, dia mungkin bakal bertanya-tanya sendiri, elu ini cowok atau bencong.
Seharusnya nada bicaralu harus tegas dan jelas. Jangan tunjukkin kalo elu itu terintimidasi sama dia.

Nah, misalnya semuanya udah lu lakuin dengan bener, lu tinggal jadi dirilu sendiri aja. Terserah elu mau ngomongin apa lagi ke depannya. Itu sih udah tergantung ke bakat alami lu lagi.
Dan karena gue itu termasuk cowok yang kuper-culun-pasif-abis, setelah ngelakuin hal kayak di atas, gue nggak nerusin lagi. Walaupun FB gue udah di-add sama dia, dan dia udah jadi temen gue, ya si doi nggak gue apa-apain lagi alias cuek. Toh gue kenalan sama dia cuma disuruh temen.

Oke dah. Cuma itu tips yang bisa gue kasih.
Itu tips yang sederhana atau mungkin paling sederhana. Itu gue share cuma buat ngebikin lu pada (para laki-laki) nggak ngulang kesalahan yang mungkin sering lu pake, dan kesalahan itu malah ngebuat para cewek jadi bete.
Tapiiiii, belom tentu ya semua cewek nggak suka sama pertanyaan basi kayak yang gue larang tadi.
Oh iya, cara ini juga bisa dipake di situs sejenis Omegle atau sejenisnya.

Sip, semoga bermanfaat, gue cuma mau ngebantu, bukan ngebikin sesat.
Dan oh iya, jangan salahin gue kalo ternyata nggak berhasil ya. Jangan sampe ada e-mail masuk kayak: "Bangsat lu, Mar! Mana? Nggak berhasil tuh!"
Haha, keberuntungan orang 'kan beda-beda. :p
Oke oke? Sip, gue cabut dulu.
Pipis, lop and gavl.

18 comments:

  1. Ini anonim yang sama atau beda nih? @_@
    Tapi apapun itu, sama-sama lah (walaupun nggak ngerti apa yang diterimakasihin)

    ReplyDelete
  2. ntah itu copas ato ngga tpnya gw bru baca pertama kali ini..... tapi ya lumayan-lumayan......

    ReplyDelete
  3. thank's dah kasih tips knalan ma cwek,.,.,
    malahan berhasil,,

    ReplyDelete
  4. Tips nya bgus skali.
    Tp klo knalan lwat social media gmna gan cara ngomongnya.
    Tq

    ReplyDelete
  5. Lumayan inspiring masbro..klo tips buat ngajak gituan gimana? he3..

    ReplyDelete
  6. Mau lihat koreng gue gak ?

    ReplyDelete
  7. "Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!
    "

    ReplyDelete
  8. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    ReplyDelete
  9. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

    ReplyDelete
  10. melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

    ReplyDelete
  11. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    ReplyDelete
  12. blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang

    ReplyDelete
  13. KAK GW COWO TP CINTA SAMA LU KAK,THX TIPS NYA,BAGUS BGT

    ReplyDelete