Sunday, August 22, 2010

Seputar Dunia Maya: Nama Facebook

Berkat video ini, gue nemu kegunaan laen dari google. Kegunaannya selain nyari sesuatu adalah ngebikin ngakak.
Kalo mau tau apa maksud gue, lu buka video tadi.

Tuh video pertama gue tonton udah beberapa bulan lalu, dan selama ini sukses ngebuat gue ada kerjaan misalnya lagi bosen dan bengong di depan komputer.
Nah, baru-baru ini gue juga nerapin cara yang sama ke Facebook.

(Baca: Cara apaan sih, Mar? Nggak ngerti gue.)'

Aduh, makanya liat dulu video yang gue kasih tadi.

(Baca: Males ah.)

Oke, gue jelasin aja. Tadi itu video dari salah satu artis YouTube, Smosh.
Nah video itu ngejelasin cara asik laen make google.

Jadi, ketik kata pertanyaan yang awalnya itu WH Question di search engine google, dan liat, apa aja yang google kasih ke elu (jangan teken enter). Jadi misalnya lu ketik suatu kata, otomatis si Mbah Google ngasih pilihan kan. Nah pilihannya itu yang bikin ngakak.

Gue yakin lu pada kurang ngerti maksud gue.
Gue kasih aja contoh yang ada di video itu. Di video itu si Ian "Smosh" ngetik kata "Why is my poop", nah otomatis google ngasih pilihan kan di bawah kalimat tadi. Nah, dari kalimat tadi, google ngasih pilihan, "Why is my poop green", "Why is my poop black.", dan lain-lain.
Nah, pilihan itu bukan asal aja. Tapi pilihan itu adalah hasil search yang terpopuler di google. Jadi google bakal ngasih yang lagi populer di google.

Nah, baru-baru ini gue juga ngelakuin hal yang sama di facebook. Bedanya gue nggak ngetik satu kalimat, tapi satu kata aja. Dan yang dicari itu nama orang di facebook, bukan situs laen.
Gue kasih nama kegiatan ini CAWAT, yang merupakan sebuah singkatan dari CAri dan ketaWA.

(Baca: Lah "T" nya mana?)

Euhm... itu... anu...T nya itu... NAH, MAU TAU CARA MAENNYA?

(Baca: Cih, ngalihin pembicaraan lagi.)

Jadi, gue ngetik satu kata di search engine facebook (terserah kata apa aja), lalu gue ketik enter atau ketik search, atau kalo koneksi lagi bagus, gue tinggal liat apa aja pilihan di bawah kata gue tadi. Pilihan itu adalah ID orang yang namanya mengandung kata yang lu tulis tadi.
Waktu gue ngomong kata APA AJA, maksud gue itu bener-bener APA AJA.
Kayak barusan gue nyari kata "Kunyuk". Hasil yang gue dapet di facebook adalah...

- Kunyuk Saiiag Della
- Annisa Kunyuk
- Monyetz Chayanx Kunyuk
- DeXcel Kunyuk Kararesel
- Ayank Cha Se JLk (Si Cha Kunyuk)

Hahaha. Udah ketawa sekarang?

Kemaren, gue sama temen-temen gue juga ngelakuin hal yang sama. Dan kita ngakak rame-rame.
Kata-kata yang kita cari dan hasil-hasilnya adalah.


1. Dongo:
- Ucup Dongo (Ucup Dongo)
- Chua CHimoter'z (Sii Bolod Jeleg Dongo) <-- lengkap banget penderitaannya
- JJ-chsmaa Aprilia (J-loo Oon'd Dongo')
- Virta Rachadania Maladi (Bodoh Syg Dongo) <-- kalo punya anak mungkin namanya "Tolol"
- Antii Radenintya Rachquelantisya (Sii Cewe Dongo)

2. Belatung:
- Axzqoer Maggot (Belatung Balap)
- Thatha Belatung Kematian (Lonceng Sunyi)
- Fandy Headbanger (Fandy Belatung ❻❻❻)
- KosongKosong Enam Hmc Manado (Belatung Kubur)
- Akku Lupaa Akku Lukaa (Belatung Neraka Kesepian)

3. Selasa:
- Indrie Malem Selasa
- Bhayu Fajar Anggoro (Angin Selasa Pagi)
- Adriana Selasa
- Bangkit Selasa Kliwon
- Fateea Selasa

4. Teripang:
- Stichting Teripang
- Teripang Bersayap
- Nie Teripang
- Teripang Juga Patin
- Teripang Gaul

5. Obat:
- Obatinidapatmenybabkankantuk Bilaskitberlanjuthubungidokter
- RoyJersey FreeAction Napitupulu (Rokok Adalah Obat Batuk's)
- Ashari Sii Gembel Bodogh (Pecandu Obat Cacing)
- Kartika Obat MalaVant (Kartika Cahaya Bintang Utama)
- Ricky Chop Away (Juragan Obat Kuat)


Bosen dengan kata-kata yang biasa aja. Gue nyoba make kata yang "luar biasa". Hasilnya adalah...


6. Cipidh:
- Ayu Cipidh
- Ciput Aiyhu Cipidh (Yuk Yak Yuk)
- Chastine Cipidh
- Ntie Cipidh PuTrie Sirnandi
- Sii Adeqq Cipidh

7. Saiiank:
- Yogaa Saiiank Mammah
- Saiiank Beiibi
- Saiiank Qm Celalu
- NHada Saiiank
- Oii Saiiank Sangad Kmuh (Agush Anshory)

8. Selaluh:
- Sii 'tiika' Lucuu (Tiika Selaluh Ceria)
- Fiethriie Deandlylopeh (Lopeh Diia Selaluh)
- Iviindhava Nophitha Chayiie (Brokend Heart Selaluh)
- Alel Docchild Docchuld (Agung Selaluh)
- Ewa Sii Drumer Avenged (Miliggh Cazuka Selaluh)

9. Luph:
- Charyna Luph Fairlisszz
- Agam Luph Ayyank (Agam Sevenfold)
- Aiiu Luph Octhav (Bebiyy Kecill)
- Mumut Luph Readone (Mutia Annisa)
- Tiara Luph

10. Ajja:
- HeRra AJja
- Bella Bella Ajja
- Nuri-nunu Ajja Dech (Nuri Sayekti)
- Sasya Ajja
- Nggidh Ajja


Dan masih banyak lagi. Coba aja sendiri. Haha.

Gue nggak ngerti, kenapa mereka make nama yang "unik" sedemikian rupa? Gue emang pernah nulis postingan yang judulnya "Apalah Arti Sebuah Nama" tapi ini facebook, bukan aslinya.
Ya terserah lah, toh itu hak mereka. Mungkin mereka nganggap itu hal yang keren, dan mungkin juga itu emang keren.
Tapi, itu jelas-jelas ngebikin susah mereka kalo misalnya ditanya, "Apa nama elu di FB?"


Kejadian Imaginer #1:

Orang #1: Apa nama lu di FB? Sini gue add.

Orang #2: Junedh Saiiank Dyaaa (bacaannya junet sayang dia)

Orang #1: Hah?

Orang #2: Iya, tadi bener. Jangan lupa, Junetnya itu make "D" sama "H". Terus Sayangnya itu tulisannya Es-a-dobel i-a-en-ka.

Orang #1: Sorry?

Orang #2: Oh iya, Dia di situ juga make "Y" sama "A". Terus "A" nya ada tiga.

Orang #1: Oh liat, udah jam berapa sekarang. Gue harus pergi nih. Daaah.


Atau...

Kejadian Imaginer #2:

Orang #1: *nanya pertanyaan sama*

Orang #2: Oh, tulis aja "Kuda Lumpink Okkeh".

Orang #1: *kabur*

5 comments:

  1. gila yaaaa :))
    makasih udah light up my day. :))
    btw, nama gw sendiri susah mar. Fissheal Manuel
    nah itu gmn dong? :p
    kan kalo orang nanya juga ribet.
    ga sampe kayak scene di atas sih. cm yah respon rata2:
    "lo tulis sendiri deh"

    ReplyDelete
  2. wkowkowkow.. ijin copas gan

    -=Kiouf=-

    ReplyDelete
  3. @Fie
    Haha.
    Makanya biar gampang, lu ganti nama lu jadi "Fie Sayang Bunda". :p

    @Kiouf
    Haha.
    Oke, Gan. Kaskus 'kan? Tapi di mana?

    ReplyDelete
  4. why my poop is green?
    hahahaha cacad



    .::|*kaka kayz*|::.

    ReplyDelete
  5. Itu beneran ada lho. Kalo lu makan sayur2an terus. Vegetarian biasanya pernah.

    ReplyDelete