Saturday, June 5, 2010

Ini Judul, Bego!

Ada yang pernah nggak, waktu lagi ngumpul dan ngobrol bareng sama temen, terus temenlu ngomong ke elu, “Bukan begitu, Bego!” atau “Bukan gue, Tolol!”?
Atau sebaliknya, elu yang ngomong kayak gitu ke temenlu?
Kalo gue sih pernah. Dan gue yakin, lu juga pernah (kalo lu punya temen). Karena itu salah satu cara komunikasi orang-orang sekarang.

Cara komunikasi orang-orang sekarang sama orang dulu beda banget. Orang dulu bahasanya sopan banget. Bahkan kalo marah mungkin sopan juga.


Orang #1: Halo. Apa kabar?

Orang #2: Baik. Kamu sendiri bagaimana?

Orang #1: Baik juga. Gimana kabar istri di rumah?

Orang #2: Istri yang mana? Saya nggak punya istri. Lagipula saya ini perempuan.

Orang #1: Oh gitu. Maaf, dari mukamu saya kira kamu itu laki-laki.

Orang #2: Kurang ajar kamu!


Tuh, mungkin cuma kayak gitu. Mirip dialog yang sering keluar di sinetron Cinta Fitri.

Bandinging sama kebiasaan ngomong orang-orang sekarang. Ejekan pasti diselipin di kalimatnya, walaupun nggak lagi marah.


Orang #1: Hoi, bego. Apa kabar lu, tolol?

Orang #2: Baek-baek aja nih, nyet. Lu sendiri sehat?

Orang #1: Biasa aja kalo gue sih, jing. Eh, ngomong-ngomong gue punya oleh-oleh dari Bali nih buat lu, jing.

Orang #2: Apaan tuh, nyet?

Orang #1: Ini cuma baju yang gue beli dari Bali, bego. Untungnya waktu liburan gue masih keinget sama sahabat tolol gue. Hehe.

Orang #2: Haha, jadi nggak enak nih. Makasih ya, babi.

Orang #1: Nggak usah sungkan-sungkan, dongo. Kan kita temenan udah lama.

Orang #2: Hehe. Terserah lu dah, idiot.


Kalo boleh jujur, gue juga sering kayak gitu sama temen-temen gue. Tapi nggak seekstrim itu dan gue nggak sering ngegunain kata-kata kayak gitu. Kecuali kalo temen gue idiotnya emang udah over dosis.

Bahasa kayak gitu udah dianggap biasa dan juga bukan di kalangan remaja doang. Anak-anak juga udah mulai kayak gitu.
Salah satu contoh nyata, di tempat maen game online. Ada sekumpulan anak SD yang maen Point Blank (game yang sejenis Counter Strike, tapi grafiknya lebih bagus, lebih enak dimaenin, dan lebih banyak bocah bau iler yang maen game ini dibanding orang dewasa). Mereka maen bareng-bareng dengan riang. Dan misalnya ada temen yang ngelakuin kesalahan, temennya dengan hangat ngomong ke dia, ”Duh. Bego lu, malah mati!” Dan dia juga ngebales sapaan temennya dengan lembut, ”Laah, elu yang tolol. Harusnya lu tadi ngelempar bomnya ke musuh. Jangan ke temen, bego!”

Bingung, kenapa bisa jadi kayak begitu sekarang? Nggak usah bingung.
Orang jaman sekarang emang kayak gitu. Mungkin aja pemikiran orang jaman sekarang udah beda dan nganggap hinaan jadi kayak ungkapan sayang. Jadi, banyaknya jumlah ejekan dan hinaan itu ngewakilin betapa sayang dia sama lu. Jadi, semakin sering dia menghina atau ngejek lu, semakin sayang juga temen lu ke elu. Dan semakin parah ejekan atau hinaan yang dilontarin ke elu, itu nunjukkin kadar sayang dia sama lu.


Contohnya:

- Temenlu ngomong, ”Dasar bodoh lu!”. Itu tandanya dia Cuma sekedar sayang biasa sama lu.

- Temenlu ngomong, ”Idih. Bego banget sih lu! Waktu bayi kepalalu dipukul pake palu ya?”. Itu tandanya dia sayang banget sama lu.

- Temenlu ngomong, ”Dasar monyet autis! Tololnya kelewat tolol sih lu. Bensin itu buat motor, bego. Bukan untuk mandi, idiot!”. Kalo kayak gitu, mungkin aja dia ada rasa cinta sama lu.


Tapi nggak tau juga ya. Itu baru kemungkinan yang ada di pikiran gue. Tapi kalo diliat dari keadaan sekarang, itu bisa aja jadi bener.
Jadi, mungkin aja suatu hari kata ejekan atau hinaan itu malah bisa dipake untuk mengekspresiin segala emosi selain marah, kayak: seneng, sedih, dll.


Contoh #1.

Joko: Akhirnyaaa, gue lulus kuliah... setelah 15 tahun di sini.

Anwar: Wah, babi. Gue ikut seneng juga, nyet, atas kelulusan lu.

Joko: Makasih, jing.


Contoh #2.

Indah: Kampret, gue ikut berduka cita ya, atas meninggalnya kakeklu.

Dian: Iya, nyet. Makasih udah mau dateng.

Indah: Sekarang perasaan lu gimana, nyet?

Dian: Gue sedih banget, bego. Gue nggak nyangka aja kalo kakek gue bisa dapet kecelakaan waktu lagi ikut kontes breakdance.

Indah: Kalo begitu, sekali lagi gue mau bilang kalo gue juga ikut sedih dan ikut berduka, tolol.

Dian: *Terisak* Sekali lagi makasih ya, idiot.


Tapi jangan sekali-kali ngomong bahasa sekarang sama orang jaman dulu. Mungkin aja lu bakal celaka.
Bisa jadi waktu lu nyapa dia, kayak ”Pak Budi. Apa kabar lu, nyet? Udah lama nggak ketemu nih, bego.” lu malah kena tonjok di muka.

Oke deh. Postingan sekarang selesai dulu.
Ya walaupun kurang berguna (Baca: Kapan sih tulisan lu pernah berguna?), paling nggak 45 menit dalam hidup gue sekarang nggak kebuang percuma.
Sampai ketemu di tulisan gue selanjutnya yaa, bego. :p

2 comments:

  1. Nulis begini 45 menit?

    Duh, bego sekali adikku yang tolol ini... *tentunya dengan nada lembut sambil senyum dan membawa sebotol sambel cap 2 belibis buat nyiram*

    :D

    ReplyDelete
  2. Kan nulisnya juga ogah-ogahan, bego... eh maksudnya "mas".
    hahaha.
    XD

    ReplyDelete