Sunday, May 30, 2010

3 Minggu Tanpa Telepon Genggam

Sekarang ini gue lagi dalam misi ”Hidup Tanpa Telepon Genggam” untuk 3 minggu ke depan. Bukan karena gue mau, tapi karena nomer Hp gue tiba-tiba mati suri.

Yak, nomer Hp gue sekarang dalam keadaan koma.
Gue juga nggak tau kenapa tiba-tiba nomer hp gue itu mati suri. Yang gue inget, waktu gue habis bangun tidur, tiba-tiba aja nomer gue jadi rusak.
Oh iya tunggu sebentar...

(Si Oji lagi ngupas salak)

Yak balik lagi.
Kayak yang udah gue bilang di atas, nomer Hp gue itu sekarang rusak tanpa sebab. Tentu aja itu nyusahin gue, soalnya gue jadi nggak bisa nerima pesan, nerima panggilan telfon, ngirim pesan, nelfon orang, atau internetan. Bener-bener nyusahin.
Tapi gue masih ngeliat ada sisi positifnya: Nggak ada SMS yang kayak, ”Pulang, udah malem.” dari ortu gue.
Jadi misalnya gue pulang jam 2-an, gue ada alesan kenapa gue pulang malem, ”Lho? Bukan salah Oji dong. Belom disuruh pulang.”

Dan karena nomer gue rusak, gue nggak tinggal diem. Gue langsung nelfon layanan Indoshit-nya (soalnya nomer gue IM3).
Waktu gue nelfon ke layanan Indoshit-nya, gue udah tau kalo bakalan nggak enak. Soalnya dari pertama nelfon aja gue udah ngelakuin kesalahan.


Gue: *Nelfon layanan Indoshit*

Mesin penjawab: Selamat datang di nomer layanan Indosat. Layanan ini dikenakan biaya Rp. 400. Untuk mengecek blablabla, silahkan tekan nomer 1. Untuk menelfon layanan Indosat blablabla, silahkan tekan nomer 2. Untuk buang-buang waktu Anda, silahkan tekan nomer 3. Dan tekan nomer 4, untuk menghabiskan waktu Anda juga...

*20 menit kemudian*

Mesin penjawab: ... tekan nomer 1221 untuk mengetahui nomer berapa saja yang masih tersisa. Dan tekan nomer 1222 untuk mengakhiri pembicaraan ini. Dan tekan nomer 1223 untuk memastikan jika Anda memang sudah yakin untuk mengakhiri pembicaraan dengan mesin penjawab seperti saya.

Gue: *Mencet nomer 2*

Mesin penjawab: Turrrttt... turrttt.

Dan akhirnya diangkat sama orang Indoshit-nya.

Operator: Hallo, dengan siapa dan nomer berapa?

Karena yang ngomong itu suaranya lemah-lembut kayak cewek, gue langsung bilang...

Gue: Hallo, Mbak. Ini dengan Omar, nomer saya 08569...

Operator: Tunggu, tunggu. Mbak? Saya ini laki-laki, lho.

Gue: Oh, maaf, Mas. Saya kira perempuan. Saya Omar, nomernya 08569xxx


Yang di atas itu bener lho. Kecuali bagian yang dilebih-lebihin.
Dan udah dari situ, pembicaraannya mulai nggak enak. Ke depannya suara dia nggak bernada datar lagi, tapi nada orang yang ogah-ogahan. Itu Cuma karena gue salah ngomong di awal tadi. Padahal kan itu bukan salah gue, salah sendiri suaranya kayak bencong yang jempol kakinya kejepit ban traktor.
Tapi untungnya aja dia lumayan profesional, gue dikasih tau sama dia, kalo kartu gue itu lagi bermasalah dan gue harus ke layanan Indoshit yang ada di daerah gue.
Berhubung gue ada di Bekasi, dia bilang gue harus ke Mal Metropolitan. Karena di situ ada layanannya. Gue di kasih tau harus ke mana, dan harus apa aja.
Setelah gue dapet informasi yang gue rasa cukup, gue minta maaf sama dia karena kejadian awal tadi, dan ujung-ujungnya malahan ngobrol. Bukan ngobrol yang kayak gini...


Gue: Oh iya, Mas. Maaf ya tadi. Saya nggak tau, soalnya suaranya tipis banget sih.

Dia: Oh nggak apa-apa. Udah biasa kok. Oh iya, kamu tadi tinggal di Bekasi ya? Bekasi mananya? Saya punya kenalan di situ.

Gue: Bekasi bagian timurnya. Emangnya kenalan situ di mana?

Dia: Bekasi barat sih. Hmmm... kamu udah makan?


Bukan kayak gitu. Kalo kayak gitu mah bakalan horor.

Dan setelah itu, gue putusin untuk berangkat ke sana di tanggal 29 (kemaren).
Waktu gue udah di sana sendirian, gue liat tempatnya lumayan meyakinkan. Walaupun sempit, gue bisa tau kalo gue bisa ngasih harapan ke mereka untuk benerin nomer gue di hari itu juga. Akhirnya gue masuk, gue berdiri di depan mbak-mbak yang lumayan bikin betah.
Gue bisa ngeliat kalo dia itu profesional. Karena, waktu gue dateng dan berdiri di depannya sambil masang muka najong dan ngejelasin identitas gue, dia nanya ke gue tanpa masang muka jijik, ”Ya, jadi apa keluhannya, Mas Omar?”
Gue langsung ngejelasin apa aja masalah yang gue punya (masalah kartu, bukan masalah pribadi). Setelah gue ngejelasin kalo kartu gue itu rusak, mbak-mbaknya diem sejenak dan mikir sambil masang muka serius. Gue jadi ngebayangin, jangan-jangan dia mau nanyain gue kalo malem minggu nanti gue ada acara atau kagak. Ya siapa tau kan. Haha.

Waktu gue ngeliatin dia lagi mikir, gue makin yakin aja kalo nomer gue bakal bisa sembuh di hari itu juga. Soalnya pegawai di sana keliatan serius ngerjain tugasnya, tempatnya meyakinkan, dan layanannya bagus. Tapi kata-kata yang pertama keluar dari mulutnya si mbak setelah itu langsung ngebuyarin semua keyakinan gue sebelomnya. Waktu dia selesai ngecek dia lalu ngeliat gue dan bilang, ”Begini, Mas. Nomer mas itu harus diganti. Dan kebetulan stok kartu di sini lagi kosong.”

”Oh, iya, Mbak. Kebetulan juga saya kayaknya dateng di hari yang salah.” kata gue sambil masang muka kesel. Kayak gitu kok dibilang kebetulan.
”Jadi, kira-kira kapan ya, Mbak, kebetulan kartunya ada lagi?”

”Saya kurang tau, Mas. Kita harus ngajuin request dulu ke pusat untuk minta kartu tambahan. Dan itu bisa makan waktu 3 minggu.”

”3 minggu?! Hmmm...” gue udah putus asa. Dan mbak-mbaknya kayaknya tau kalo gue jadi BT karena jawabannya. Karena itu dia langsung nambahin penjelasannya, “Iya, Mas. 3 minggu itu juga paling cepet.”

”Wow, cepet banget itu, Mbak,” gue ngelontarin sarkasme dikit dan kayaknya mbak-mbaknya nggak ngerti. ”jadi saya harus nunggu 3 minggu itu juga kalo saya beruntung?”

”Iya. Atau mas bisa ke tempat kami yang lain untuk perbaikan kartu.”

”Dan itu di...?”

”Mangga Dua, Mas.” jawab dia. Gue rasa kayaknya nggak perlu banget untuk bela-belain pergi jauh-jauh untuk hal kayak gitu. Makanya gue lebih milih untuk nunggu selama 3 minggu itu. Dan itu juga kalo beruntung.

Setelah sesi penjelasan selesai, KTP gue diminta untuk difotocopy, dan gue disuruh nunggu sama belasan orang lainnya.
Gue cukup terkejut juga, soalnya banyak di antara mereka yang keluhannya sama kayak gue. Mereka nomernya rusak, dan mereka disuruh nunggu 3 minggu lagi kalo beruntung.
Gue mulai curiga, jangan-jangan itu emang disengaja sama pihak Indoshit-nya untuk ngebuat kartu pelanggannya rusak. Dan mereka milih orang yang kartunya mau dirusak secara acak. Ya siapa tau kan.

Sambil nunggu, gue cuma duduk dan ngeliatin sekitar. Kiri dan kanan gue ada ibu-ibu yang bawa anaknya. Depan gue ada cewek baca koran. Dan belakang gue ada kaca. Gue mulai bosen. Tapi untungnya, sebelumnya gue ngebeli buku di Gramedia, jadi bisa gue baca-baca di sana, walaupun niatnya mau gue baca di rumah.

Waktu gue lagi baca buku, nama gue pun dipanggil sama Mas-mas yang ada di sebelah Mbak-mbak pegawai tadi. Kayaknya si mbak itu sibuk, makanya dia perlu bantuan.

“Omar... Kepada Pak Omar.” yak, nama gue dipanggil sama tuh mas-mas busuk, dan make kata “Pak”. Gue langsung berdiri dan jalan ke depan mejanya. Tadinya sih gue mau nanya, ”Mas, tadi fotocopy-nya di mal sebelah ya?” soalnya gue heran, kok fotocopy KTP doang bisa sampe 20 menitan.

Waktu gue udah di depan mejanya, tuh mas-mas masih teriak, ”Pak Omar... Pak Omar.” sambil ngeliatin ke arah bangku tunggu, dan itu ngebikin gue pengen nonjok mukanya.

”Ya, Mas. Saya Omar.” potong gue waktu dia manggil-manggil.

”Oh, Mas Omar...?” kata dia. Oh bagus, tiba-tiba kata ”Pak” tadi berubah jadi ”Mas”.
”Begini ya, Mas. Kami sekarang lagi kosong stok kartunya. Jadi 3 minggu baru ada lagi. Itu juga paling cepet. Jadi, Mas Omar silahkan mengisi kertas ini...” dia nyodorin kertas ke gue. ”Mas Omar silahkan tanda tangan, dan tulis nomer yang nanti bisa kami hubungi. Jadi nanti kami akan menghubungi Mas Omar kalo kartunya sudah ada.”

”Nomer apa aja boleh, Mas, asal bisa dihubungi?” tanya gue.

”Boleh, Mas.”

”Jadi saya bisa make nomer rumah saya?”

”Boleh, Mas.” jawab dia lagi. Dia sempet gue ajak bercanda dengan nanya, ”Kalo make nomer temen saya boleh?”

Dan dia jawab, ”Boleh, Mas.” dan gue rasa dia nggak lagi bercanda juga kayak gue, tapi serius. Keliatannya dia itu kayak rekaman deh, yang Cuma bisa ngomong, ”Boleh, Mas.” Pengennya sih gue nanya iseng-iseng, kayak: ”Kalo nomer polisi, Mas?”, ”Nomer McD, Mas?”, ”Nomer celana dalem saya, Mas?”. Karena siapa tau dia jawab, ”Boleh, Mas.” juga. Hehe.

Setelah semua beres. Gue langsung balik sambil nahan rasa kecewa. Udah jauh-jauh dateng kok malah nggak ada hasil. Ya tapi mau gimana lagi?
Di pikiran gue sempet terlintas 2 pilihan.


1. Gue ganti kartu untuk sementara, sekedar untuk bisa berhubungan sama orang-orang.

2. Selama 3 minggu (itu juga kalo ”beruntung”) gue nggak make telepon genggam.


Dan akhirnya gue milih pilihan kedua. Soalnya, misalnya gue beli kartu baru, itu percuma juga. Soalnya semua nomer orang-orang yang gue kenal gue simpen di memori kartu sim, dan bukan di memori telefon. Jadi, misalnya udah beli nomer baru, gue nggak bisa menghubungi siapapun (kecuali yang nomernya gue inget). Ya rada nyesel juga sih. Tapi udah terlanjur.
Dan akhirnya, misi ”3 Minggu Tanpa Telepon Genggam” pun gue mulai. Ya itung-itung latihan supaya nggak ada rasa ketergantungan sama teknologi Hp. Hehe.

Apa bakal ada kejadian menarik selanjutnya? Ya, makanya pantengin terus blog ini.
Haha.
Udah deh. Ciao!

No comments:

Post a Comment