Thursday, June 17, 2010

Seputar Dunia Maya: Twitter atau Facebook?

Setelah ngeliat judul sekarang gue mau nanya. Apakah elu tau jejaringan yang namanya Twitter? Apakah elu punya akun Twitter?

Kalo jawabannya ”Ya”, selamat! Elu adalah orang yang mengikuti jaman.

(Baca: Kok bisa gitu, Mar?)

Ya emang gitu. Sekarang ini Twitter dan Facebook adalah jejaringan sosial yang paling populer di Indonesia. Dan misalnya elu itu termasuk penjelajah dunia maya tapi nggak punya akun keduanya, orang-orang bisa nganggap kalo elu itu selama ini tinggal di dalam goa. Soalnya, buat orang yang akrab banget sama yang namanya internet, punya akun Twitter atau Facebook itu adalah keharusan.

Gue sih punya akun keduanya. Dan gue ngurusin kedua akun gue di dua situs itu dengan rajin. Yaa, paling nggak sih sampe belakangan ini.

(Baca: Maksudnya apa, Mar?)

Iya, belakangan ini gue udah nggak ngurusin keduanya dengan rajin lagi. Kalo Facebook sih masih rajin, tapi kalo Twitter... nggak rajin lagi.

(Baca: Kok bisa gitu?)

Ya, kayaknya harus gue jelasin.
Bagi gue, antara Twitter sama Facebook, Twitter itu jauuuuh lebih seru dibanding Facebook untuk urusan komunikasi sama orang atau gonta-ganti status. Selain itu, alesan kenapaTwitter itu lebih seru, soalnya kita bisa untuk nggak harus follow orang yang udah kita follow, jadi kita nggak harus tau apa aja yang ada di pikiran para followers kita.
Beda dengan Facebook. Orang yang jadi temen kita, mau nggak mau kita juga harus liat perkembangan akun FB-nya dia. Apakah dia ganti status baru, apakah dia baru temenan sama si X dan 8 orang lainnya, apakah baru ganti PP, atau apakah dia laki-laki tapi dia maen game yang khusus untuk perempuan. Itu semua mau nggak mau bakal nongol di homepage akun FB-lu. Okelah kalo dia itu orang yang kita kenal, tapi kalo dia itu orang yang nggak lu kenal? Dan apalagi dia itu orang yang nggak lu kenal, namanyasuperribetkayakkalimat ini, dan lebih parah, dia make tulisan ga03l.


Contoh misalnya dia update status:
-Orangyangtakdikenal TapieDiaudahjaDitemenguesecaraajaibh DandiamakenamaribetdanTuLisAnG4oeLz- hr nie Q cnenq dech cm KMU, , tengyu ya Beibzh


Dan reaksi gue: Ya Tuhan!

(Baca: Lho? Kan ada pilihan hide. Jadi nggak perlu susah lagi.)

Emang sih, tapi itu kan repot.

(Baca: Repot kenapa?)

Kalo misalnya lu nggak sengaja punya ratusan temen yang sejenis kayak di atas. Dan elu harus nyembunyiin akun mereka satu-persatu (bener nggak penulisan "satu-persatu"nya?), kata apa lagi yang cocok selain repot?
Gue juga punya temen yang kayak gitu di FB. Mau gue remove tapi gue ngerasa nggak enak, akhirnya gue sembunyiin aja mereka dari FB gue, dan untungnya mereka jumlahnya nggak terlalu banyak, kalo jumlahnya banyak, mungkin gue bakal ngabisin semalem suntuk untuk nyembunyiin mereka. Itu dia alesan kenapa sekarang gue nggak mau nerima permintaan temen dari orang yang nggak gue kenal, dan nggak mau nge-add orang yang nggak gue kenal. Takutnya mereka termasuk orang yang suka ”aneh-aneh”.
Makanya, semua temen FB gue itu mungkin sekitar 97% gue kenal semua dan sisanya jadi temen gue karena kecelakaan. Dan saat ini, permintaan temen di FB gue ada sekitar 70an, dan itu orang yang nggak gue kenal semua. Alesan kenapa gue nggak nerima mereka, ya karena takutnya mereka itu termasuk orang yang suka ”aneh-aneh” tadi.

Itu salah satu keunggulan Twitter dibanding Facebook. Kita nggak harus tau perkembangan orang yang udah nge-follow kita. Orang yang nge-follow kita bisa aja tau perkembangan dan ngomong ke kita, tapi kita nggak harus tau perkembangan mereka dan kita tetep bisa ngomong ke mereka.

Duh, berhubung waktunya nggak cukup. Postingan kali ini bersambung dulu, ya? Bukannya gue nggak mau nerusin. Sebenernya sih masih banyak yang mau gue bahas, tapi sekarang gue ngetiknya bukan di rumah, dan temen gue ngajakin makan.
Jadi, gue terusin besok aja ya...

(Bersambung)


C.S: Duh lupa mau nulis apa di Catatan Singkat ini... bersambung juga deh Catatan Singkatnya... (Bersambung juga)

No comments:

Post a Comment