Friday, June 18, 2010

Seputar Dunia Maya: Twitter atau Facebook? (part 2)

Oke, sesuai janji, gue bakal nerusin postingan terakhir gue tentang... hmmmm... bentar...

*ngecek*

... tentang Twitter atau Facebook.

Kayak yang udah gue bilang, Twitter itu jauuuuuuuuh lebih seru daripada Facebook, kalo urusan gonta-ganti status atau komunikasi. Dan lagi, kita bisa milih siapa aja yang mau kita tau perkembangannya tanpa harus repot-repot. Tinggal follow!

Gue juga dulu sempet nikmatin situs Twitter itu. Soalnya situs itu ya kayak yang gue bilang tadi. Seru.
Tapi, akhirnya gue lebih milih untuk sering nongkrong di situs Facebook daripada Twitter.

(Baca: Kenapa, Mar? Bukannya dari deskripsianlu tadi, Twitter itu lebih asoy dari FB? Kenapa milih FB lagi yang nggak asoy?)

Yap, bener. Itu bener kalo Twitter itu lebih seru daripada Facebook. Tapi akhir-akhir ini gue pindah ke FB lagi karena gue kurang tertarik lagi. Soalnya banyak dari orang-orang yang gue follow itu ngebuat gue kurang nyaman karena menyalahgunakan RT untuk me-reply, dan itu ngebuat timeline gue bergerak telalu cepet. Dan akhirnya, tweet orang yang seharusnya bisa ngasih inspirasi ke gue, malah kelewat karena pergerakan timeline kecepetan.

Yaa, walaupun gue masih n00b dalam Twitter, tapi gue rasa gue nggak salah kalo bilang RT atau ReTweet itu sama sekali bukan sistem untuk me-reply.
Nggak percaya? Berarti lu harus buka ini ini dulu, dan baca tulisan lama yang tentang RT Abuser.

(Baca: RT Abuser itu apa, Mar?)

RT Abuser itu orang-orang yang menyalahgunakan RT tadi, dan make RT untuk me-reply.
Di Twitter, udah disediain sistem yang namanya Reply. Itu adalah sistem yang udah disediain sama Twitter untuk penggunanya supaya bisa komunikasi. Tapi untuk RT?

RT itu sebenernya bukan fitur resmi dari Twitter. Jadi, pihak Twitter itu nggak ngasih fitur RT untuk para penggunanya.

(Baca: Jadi RT itu semestinya nggak dipake, Mar?)

Gue nggak bilang gitu. RT atau ReTweet itu silahkan aja dipake, tapi itu sebaiknya dipake kalo mau ngasih tau ke para followers lu sesuatu yang penting atau sesuatu yang mau kalian share ke mereka. Kurang ngerti ya? Oke gue kasih 2 contoh.


Contoh bener:
Misalnya presiden SBY nge-tweet: Tinky Winky... Dipsy... Lala... Po! Telletubies!
Dan misalnya menurut kalian itu lucu, dan kalian mau berbagi tawa sama para followers lu, lu bisa aja nge-tweet make RT itu.

iniIDgue: Hahahaha. RT: @SusBamYud: Tinky Winky... Dipsy... Lala... Po! Telletubies!.

Itu bener!


Contoh salah:
Misalnya ada orang nge-tweet kayak gini.

siapaajatuh: Hari ini hari apa ya?

siapaajadeh: Sekarang hari rabu. RT @siapaajatuh: Hari ini hari apa ya?

siapaajatuh: Lho? Gue kira hari Jum'at. Makanya gue make batik. Haha. RT @siapaajadeh: Sekarang hari rabu. RT @siapaajatuh: Hari ini hari apa ya?

siapaajadeh: Hahaha. RT @siapaajatuh: Lho? Gue kira hari Jum'at. Makanya gue make batik. Haha. RT @siapaajadeh: Sekarang hari rabu


Gue kasih tau sekali lagi. Itu salah. Dan itu juga ngebuat gue rada sebel juga sih. Soalnya... ya kayak yang gue bilang tadi, timeline gue jadi penuh sama pembicaraan yang nggak gue mau tau.
Sebenernya sih ada beberapa alesan, kenapa seharusnya jangan memakai RT untuk me-reply, dan sekarang bakal gue jabarin satu-satu.


1. Itu salah
Okelah, nggak perlu gue kasih deskripsi lagi lu juga tau maksudnya.

2. Itu mengganggu
Karena Twitter itu udah ngasih fitur reply. Itu ngebuat elu bisa ngobrol sama orang lain tanpa mengganggu timeline orang yang follow elu tapi nggak me-follow temen ngobrol elu tadi. Kenapa nggak mengganggu? Karena itu nggak bakal nongol di timeline followers-lu. Kecuali orang yang lu ajak ngobrol itu juga di-follow sama followers-lu.

3. Mubazir
Twitter itu cuma nyediain kita 140 karakter untuk ditulis. Bagi gue 140 karakter itu berharga banget, dan itu udah cukup untuk ganti-ganti isi pikiranlu. Dan menurut gue, sistem RT untuk me-reply itu mubazir, karena kita ngebuang stok karakter kita hanya untuk copas tweet sebelumnya dan nulis RT. Nulis RT secara sia-sia itu juga udah mubazir 2 karakter, lho.

4. Nggak semua followers elu mau tau isi pembicaraanlu dengan temenlu
Sumpah deh. Nggak semua temenlu mau tau isi pembicaraanlu sama temenlu. Twitter itu udah cukup random, dan ngeliat pembicaraan pribadi orang lain itu malah ngebuat itu jadi lebih buruk lagi. Para followers elu mungkin nggak mau tau apakah elu itu suka ML (makan lemper), mereka mungkin nggak mau tau apakah elu itu mau jalan-jalan bareng, mereka mungkin nggak mau tau apakah elu dan temen-temenlu itu adalah abegeh yang mau menempuh SNMPTN.
Simpen aja pembicaraan itu untuk elu dan temenlu. Nggak perlu lah diumbar-umbar di timeline orang.

Dari situ, muncul kegunaan sistem @ untuk reply.


Gue bukannya mau sok tau dan ngelarang-larang atau mengatur-atur atau apalah. Gue cuma mau ngasih info supaya bisa jadi bener. Dan ngajak elu-elu yang mungkin masih termasuk salah satu contoh di atas, untuk menghargai timeline followers elu juga.

(Baca: Tapi sistem RT untuk me-reply itu kan supaya nggak lupa sama topik pembicaraannya, Mar.)

Oke, itu sama persis kayak alesan yang gue dapet dari temen gue yang termasuk RT Abuser. Dan setelah gue kasih tau kalo RT untuk me-reply itu salah, mereka malah sewot sama gue.
Sebenernya jangan takut untuk lupa topik pembicaraan. Katanya, Twitter udah memperbaharui sistem reply/@ mereka jadi jauuuh lebih baik. Gue kurang tau maksudnya, tapi itu yang dibilang sama situs yang tadi gue kasih.

(Baca: Ah! Bacot lo, Mar! Kalo nggak suka kan ada pilihan unfollow. Susah amat.)

Yap, elu bener. Di Twitter juga disediain pilihan ajaib yang bertuliskan unfollow. Itu ngebuat gue bisa aja nggak ngeliat tweet mereka yang udah gue unfollow.
Tapi gue ngerasa nggak enak aja. Gue ngerasa kalo gue unfollow mereka, gue itu nggak hormatin mereka.
Jadi, daripada gue dianggap nggak hormatin mereka karena gue udah unfollow mereka, gue lebih milih nongkrong di FB aja daripada di Twitter. Yaa, kayak yang gue bilang tadi.

(Baca: Ooh, gitu ya, Mar. Sorry deh udah ngebentak elu tadi. Tapi, gimana dengan para artis yang sering make RT itu? Raditya Dika contohnya? Kan kata elu, RT untuk me-reply itu salah.)

Gue bilang RT untuk me-reply itu emang salah, dan ngebuat gue nggak nyaman. Tapi gue nggak bilang kan, kalo RT itu nggak boleh dipake? RT yang dipake sama para artis itu kan dipake di waktu artis itu mau share sesuatu. Ya kita ambil contoh si Raditya Dika.
Radit emang sering RT untuk me-reply tweet yang ditujukan ke dia. Tapi lu perhatiin baik-baik, dia itu bukan ngobrol sama followers-nya. Dia cuma sekedar menyapa, dan sapaannya itu dibuat lucu. Nah, tweet lucu itulah yang mau di-share sama si Radit ke followers-nya. Selebihnya, obrolan dia sama temennya, dia simpen sendiri sama temennya dan nggak di-share ke yang lain, karena dia make @ untuk reply.

Selain itu ada juga yang namanya RT terselubung. Jadi mereka nggak make RT (itu udah bener) tapi mereka meletakkan nama username-nya di belakang (itu salah).
Contohnya:

sitolol:Udah lama nih nggak makan bareng @sibego sama @siautis.


(Baca: Oh, I see... jadi, sekarang lu mau unfollow para RT Abuser di akunlu?)

Oh, tentu aja nggak. Kayak yang gue bilang, gue bakal nongkrong di FB aja daripada harus unfollow kayak gitu.
Oke, deh. Cukup di sini dulu.
Postingan ini gue buat cuma sekedar berbagi info ya. Jadi... No offense!
Gue sama sekali nggak berniat nyindir atau apalah. Gue cuma mau bagi-bagi info sotoy. Jadi, kalo misalnya mau ikutin, ya terimakasih untuk nyoba sadar. Dan kalo nggak mau, dan tetep nge-tweet seperti sebelumnya, ya silahkan. Hehe.
Oke deh. Daah. :)

No comments:

Post a Comment