Sunday, May 16, 2010

Cuma (info & tips) Iseng

Sekarang ini udah jaman yang modern. Orang-orang pinter udah nyiptain banyak banget penemuan yang berguna dan praktis, kayak: Jenglot, Teluh, Pelet, Santet... eh, itu sih penemuan yang diciptain sama orang ”pinter” (Baca: Dukun).
Orang pinter yang gue maksud di sini tuh penemu. Dan jangan salah tangkep, yang gue maksud penemu itu bukan orang yang nemu sesuatu, contohnya: Penemu kulkas adalah orang yang nemu kulkas di dapur. Atau penemu Mesin Fax adalah orang yang nemu Mesin Fax di tengah jalan.
Penemu yang gue maksud di sini tuh adalah orang-orang pinter. Dan orang-orang pinter adalah orang yang bisa nyiptain Jenglot, Teluh, Pelet... eh, itu sih penemuan yang diciptain orang ”pinter” (Baca: Dukun). Orang pinter yang gue maksud di--... ... ... lho? Malah jadi ngulang?

Oke, lu ngerti lah apa maksud gue.
Yak, di jaman sekarang ini banyak banget temuan-temuan modern yang praktis, contohnya:

- Handphone
- Laptop
- Internet
- Dll


Tentu aja temuan-temuan itu berguna banget buat kehidupan sehari-hari. Dan itu semua ngebantu manusia untuk bisa ngelakuin apapun 5 sampe 10 kali lebih gampang.

Jaman dulu (katanya) orang-orang make burung merpati untuk nyampein berita ke orang laen. Mereka nulis surat untuk kenalan mereka yang jauh di sana dan surat itu disampein sama si merpati.
Kebayang kan ribetnya? Bayangin kalo jaman sekarang yang namanya SMS itu nggak pernah ada, dan kita masih surat-suratan make sistem burung merpati.
Kalo sistem burung merpati dianalogiin sama SMS jaman sekarang, bisa jadi kayak gini.


Cowok: (Nulis surat untuk ceweknya yang rumahnya ada jauh 10 km dari rumahnya) ”Kamu udah makan?” (ini adalah salah satu contoh komunikasi nggak penting orang pacaran jaman sekarang)

*Terus surat itu diiket di merpati, terus si merpati pergi ke rumah cewek*

Cewek: ”Udah tadi, sama pepes pete dan sayur daun pisang. Kamu udah?”

*Giliran suratnya si cewek yang diiket di merpati, terus si merpati terbang ke rumah cowok*

Cowok: ”Aku belom makan. Daritadi cuma ngemil nasi padang, mana kenyang.”

Cewek: ”Oh begitu. Kasian kamu ya. Eh, tau nggak blablabla.”


Dan seterusnya.
Kalo terus-terusan kayak gitu, si merpati bisa mati kecapekan gara-gara ngirim pesan-pesan kayak gitu, dan dalam 2 bulan yang namanya burung merpati bisa punah.

Tapi untung aja udah diciptain yang namanya Hp, jadi kita masih bisa ngeliat merpati-merpati itu terbang, kawin, atau berak di taman lu.

Hp atau handphone emang penemuan yang paling dibutuhin. Buktinya aja, hampir semua orang punya yang namanya Hp. Dan orang-orang rela antri dari pagi sampe sore untuk dapetin Hp murah. Bahkan kerumunan antriannya lebih banyak daripada antrian minyak tanah atau antrian bahan pangan. Itu nunjukkin kalo orang-orang lebih butuh Hp daripada makanan.

Banyak banget manfaat dari si Hp itu. Selain karena ngebuat yang namanya merpati nggak punah, Hp punya manfaat laen, kayak:


- Bisa menghubungkan kita sama orang yang jauh, dengan cara nelpon
- Bisa dipake untuk online
- Bisa dipake untuk nanya pertanyaan nggak penting lewat SMS (misalnya ”Udah makan belum?”)
- Bisa ngejawab SMS pertanyaan nggak penting (misalnya ditanya ”Udah makan belum?”)
- Bisa dipake untuk nimpuk kucing sampe pingsan
- Kalo ulekan lagi ilang, Hp bisa dipake buat ngulek sambel
- Dll


Tuh, banyak banget ’kan manfaat dari Hp.

Tapi, jangan anggap Hp itu nggak punya efek negatif. Walaupun Hp itu manfaatnya banyak banget, Hp juga punya sisi negatif. Salah satu contohnya: Hp bisa ngebuat orang jadi bego... gue ulang. BEGO!
Apalagi di kalangan anak muda.

Pernah nggak, lu dapet SMS yang tulisannya sejenis kayak gini, ”Eh, lu udah tidur belom?”?
Itu adalah pertanyaan bego yang lagi populer di kalangan anak muda, lho. Gue serius.
Kenapa gue bilang bego? Gimana bisa gue bales kalo misalnya gue sendiri udah tidur? Gue pernah dapet pertanyaan gitu lewat SMS di jam malem, dan jujur gue ngakak. Maunya sih gue, kayak begini...


a. Ngebales ”Gue udah tidur deh kayaknya. Sekarang aja gue ngebales SMS-nya dari dunia mimpi.”
b. Ngebales ”Apa itu salah satu dari koleksi SMS gobloklu?”
c. Ngebales ”Misalnya gue udah tidur, apa gue bisa ngebales SMS lu kayak gini?”
d. Ngebales ”Udah. Dan bangunnya kalo lu udah jadi pinter. Tapi itu berarti gue nggak bangun-bangun dong.”


Keliatannya itu pertanyaan yang timbul akibat kebegoan menular yang persis kayak ”Oji udah pulang?” yang pernah gue ceritain di postingan sebelumnya. Atau karena kebiasaan yang nular.

Selain itu, gue juga pernah dapet SMS bego laennya.
Waktu itu gue lagi maen keluar bareng temen-temen, tiba-tiba ada pesan bego masuk yang dikirim dari temen gue yang lebih bego daripada SMS-nya. Bunyi SMS-nya begini, ”Mar, elu ada di mana? Liat message yang gue kirim di FB, deh.”


*KRIK... KRIK... KRIK*


Mungkin lu mau nanya, ”Lho? Apa begonya?
Sekarang coba pikir, buat apa ngirim SMS yang begitu? Kenapa nggak sekalian lewat SMS itu aja?
Okelah, kalo pesan yang dia kirim di FB itu panjang banget dan penting. Lah ini, kebalikannya. Isi pesan yang dia kirim cuma ”Mar, hari ini bisa anterin gue ke tempat jual CD PC nggak?”.
Mungkin dia sengaja mau ngebuang pulsanya ke gue, sampe dia ngirim SMS yang waktu itu ngebikin gue ngakak gara-gara kelewat nggak penting.
Jujur, gue itu orang yang irit pulsa. Kenapa? Soalnya kalo gue SMS itu cuma kalo ada yang mau gue omongin, ada keperluan, atau ada orang yang ngajak SMS-an duluan. Baru deh gue ngebuang pulsa buat SMS. Jadi, gue sama sekali nggak pernah ngirim SMS yang sejenis “Hi, udah boker belom? Ceboknya juga udah?” atau “Hei, tadi pagi tidurnya ngiler nggak?

Contoh laen dari efek negatif Hp adalah: Penulisan bahasa yang super-duper-ancur.

Itu bener, lho. Gara-gara Hp, penulisan bahasa jadi ancur banget.
Gue juga pernah jadi salah satu korban. Kalo lu pernah baca blog Cuma Iseng, lu pasti tau maksud gue.
Tapi kalo sekarang sih udah lumayan nggak.

Yg gw mksd dgn pnulsn yg ancr th kyk gn,,tlsn yg dsngkt2 dan gw smbrng aj make tnda bca yg ad.. cnthnya ya kyk pletakn tnda ttk dmn aj atw tnda kma dmn aj..,dan pnulisn2 yg slh kyk ”Dimana” yg sehrsnya ”Di mana”..dan ”Di umumkan” yg shrsnya ”Diumumkan”,,

Menurut gue, tradisi nulis gitu gara-gara Hp. Mungkin tujuannya buat lebih praktis lagi ya. Tapi apa efeknya bagus? Karena, menurut gue dari situ orang-orang mulai kebiasaan make tulisan singkat-singkat dan pemakaian tanda baca yang sembarangan. Jadinya, walaupun mereka nulis di mana aja (misalnya nulis make keyboard, di buku, atau Hp yang hurufnya make Qwerty) mereka tetep nulis dengan cara disingkat-singkat. Padahal mereka nggak make Hp yang jenisnya satu tombol angkanya punya 3-4 huruf.

Dan nggak itu aja, dari situ orang-orang ”kreatif” itu mulai ngembangin tulisan mereka jadi makin ancur, kayak make angka atau huruf gede kecil. Di mata gue itu bahaya dan bisa aja ngebikin gue buta. Bahkan gue punya rumus untuk ngukur tingkat bahaya tulisan itu.


a. Tlsn sngkt2 kyk gn tngkat bhynya = 20
b. TlSn gDe Kcil n dSngkT Gn tnGkt BhYny = 50
c. Tul1s4n m4k3 angk4 9in1 tin9k4t bah4yany4 = 100
d. tLs4N 9dE k3c1L, ds1ngkt, n mK3 an9Ka 9N Tn9k4T bhy4nYa = Poin a dikali poin c pangkat poin b (dalam arti lain: Bencana)


Yaa, itulah dampak negatif dari Hp. Komunikasi lewat tulisan kayaknya sengaja dibikin sulit sama orang-orang kayak gitu.
Gue dulu emang pernah make tulisan disingkat-singkat gitu kalo SMS ataupun blogging. Tapi, sekarang gue nggak pernah lagi make tulisan kayak gitu.

(Baca: Keren lu, Mar. Ganteng pula! Cara supaya bisa kayak gitu gimana?)

Caranya:


1. Biasain tulisan jangan disingkat-singkat waktu SMS atau ngetik. Contohnya nulis ”Yang” atau ”Gue” jangan make ”Yg” atau ”Gw”. Tulis aja sesuai bunyinya atau gimana cara elu ngomongnya (misalnya lu ngomong ”elu” itu ”elo” tulis aja ”elo”).
2. Kalo misalnya udah biasa nulis nggak disingkat-singkat, biasain make tanda baca yang bener. Contohnya letakin tanda baca koma waktu mau ada jeda, atau titik di akhir kalimat.
3. Kalo lu udah biasa begitu juga, coba cari tau perbedaan antara ”Di mana” dan ”Ditonjok”.
4. Biasain nulis pake huruf kapital yang bener. Pakenya waktu nulis nama (orang, bulan, hari, tempat, dll).


Kalo udah biasa semua, bisa dijamin kalo elu bisa nulis yang bener(yaa, walaupun nggak bener 100%). Bahkan lu bakal ketawa-ketawa sendiri waktu ngeliat tulisan yang asal.

Gue nulis gini bukan mau bilang kalo tulisan gue udah 100% bener atau apalah. Gue sendiri kalo nulis juga masih asal-asalan. Ya tapi paling nggak, gue nggak kelewat asal. Dan gue ngajak elu supaya nggak kelewat asal juga. Hehe.
Selamat menikmati... lho? Kayak tulisan di bungkus nasi kotak.
Maksud gue, selamat mencoba

No comments:

Post a Comment