Wednesday, April 6, 2011

ITKP Dan Dunia Iklan

Pagi ini gue kuliah kayak hari biasa. Mungkin hal yang nggak biasa di pagi ini cuman waktu berangkat gue yang jam setengah 7 (gue aja sampe sekarang masih heran), dan gue nggak sempet mandi waktu berangkat... eh, yang kedua sih udah biasa deh.
Ngomong-ngomong, gue dari dulu belom nyeritain tentang di mana gue kuliah ya? Haha. Okelah, kayaknya sekarang gue bakal nulis tentang kampus gue, walaupun terlambat sebentar. Sekitar 2 tahun.

Gue kuliah di salah satu universitas di Indonesia yang kalo lu tanya ke orang kenalan lu, mungkin 95% bakal nggak tau. Kampus gue namanya ITKP The School of Advertising. Kampus gue itu fokus ngajarin tentang periklanan. Apa aja yang harus gue tau kalo mau jadi pengiklan, gimana aja tata cara beriklan, dan banyak lagi. Di sana diajarin komunikasi sekaligus pemasaran.

Kalo mau jujur, belajar di sana nggak sesuai sama yang gue harapin. Soalnya yang gue pikirin itu banyak praktek bikin iklan, gimana cara bikin iklan yang kreatif, dll. Tapi ternyata salah. Yang banyak disodorin justru teknik komunikasi pemasaran. Gue nggak tau kenapa begitu, tapi salah satu senior gue bilang itu karena ITKP terkenal karena AE-nya. Tau apa itu AE? AE itu kependekan dari Account Executive, yang deskripsian pekerjanya bisa lu liat di sini.

Di ITKP, gue dijelasin kalo ada 3 cabang yang bakal jadi kerjaan kalo masuk ke dunia periklanan di agensi. Dan itu adalah: Creative Department, Account Services, dan Media Services. Orang yang kerja di bidang Creative Department biasanya dipanggil orang kreatif. Orang yang kerja di bidang Account Services biasanya dipanggil AE. Dan orang yang kerja di Media Services biasanya dipanggil orang media. Atau seenggaknya itu yang biasa gue denger dari senior-senior gue.

Berhubung AE tadi udah gue kasih link yang ngejelasin apa aja urusannya. Sekarang gue ngejelasin seperlunya aja tentang media dan creative tadi.
Pertama media.  Bagi yang suka ngitung-ngitung, mungkin pas banget sama kerjaan beginian. Karena salah satu pekerjaannya adalah ngitung anggaran biaya. Jadi, misalnya ada klien ngasih 10 milyar untuk setahun kegiatan promosi, nah orang media yang ngurus-ngurus itu semua. Dia harus ngitung perlu ngeluarin duit berapa untuk bikin iklan, ngitung berapa anggaran buat sewa spot, dan bayaran yang bakal didapet. Oleh karena itu, orang media perlu bisa ngatur uang. Selain itu, orang media harus cermat milih media mana buat beriklan. Dia yang milih media yang kiranya efektif untuk beriklan. Jadi orang media juga harus bisa make logika dan cermat. Kalo orang medianya nggak cermat, mungkin aja dia bakal beli spot iklan TV di Space Toon untuk iklan kondom. Kan buang-buang duit (dan harga spot iklan di TV bisa mencapai 30 jutaan lebih/30 detik).
Kedua kreatif. Di dunia kreatif ini dibagi lagi jadi 2. Pekerjaan art director dan copywriter. Art director adalah orang yang kerjanya berhubungan dengan desain dan tampilan eksekusinya, kalo copywriter adalah orang yang kerjanya berhubungan dengan konsep dan naskahnya. Dan biasanya mereka berdampingan.  Seorang copywriter yang ngebuat naskah yang mengandung pesan yang bakal disampaikan ke berjuta-juta konsumen, dan seorang ardir adalah orang yang ngerubahnya ke bentuk visual. Untuk lebih deskripsian yang lebih, bisa baca di sini. Dan di atas 2 pekerjaan itu, ada profesi Creative Director yang tugasnya ngarahin kedua profesi tadi.
Dan dari semua yang ada di atas, kalo gue kerja di agensi nanti, gue mau jadi copywriter. Tentu aja itu didasari sama kesukaan gue untuk nulis, tapi rasa suka sama menulis aja nggak bisa diandalkan di sana. Ada yang mau gue kutip dari link terakhir nih tentang copywriter "...Anda akan diharuskan untuk berbicara ke beberapa juta konsumen dengan bahasa dan jargon mereka masing-masing sesuai dengan ciri khas mereka. Anda tidak akan membuat sebuah diari yang menceritakan kehidupan Anda, tapi membuat sebuah cerita mengenai sebuah produk sehingga konsumen merasa terpanggil, simpati dan pada akhirnya ingin mencobanya."
Intinya, kalo mau jadi copywriter yang bagus, lu harus bisa menghipnotis lewat kata-kata. Sementara, gue belom terlalu bisa untuk hal itu... oke, mungkin emang nggak bisa untuk sekarang. Dan copywriter perlu tau apa aja yang lagi populer di antara masyarakat, dan wawasan harus luas. Gimana? Tuntutannya berat kan? Haha. Tapi... kenapa jadi bahas masalah kerjaan di dunia advertising? Itu mah bisa kalian cari sendiri di google. Kan gue mau bahas kampus gue.Oh, iya. Prospek di dunia periklanan itu bagus lho. (cuma ngomong)

Di ITKP hampir semua pengajarnya adalah praktisi periklanan, yang belajar dari pengalaman bukan dari buku. Dan di sana yang di-"anak emas"-kan adalah anak D3-nya. Dan gue masuk D3 di sana. Yang kuliah di sana bisa keitung dikit. Paling satu angkatan isinya 1 kelas doang. Ya karena ITKP itu nggak pernah berpromosi, sehingga yang tau malah dikit. Sangat disayangkan emang, untuk kampus yang udah 6 kali juara iklan sedunia, tapi kurang dikenal sama masyarakat Indonesia (tapi ITKP udah dikenal di agensi-agensi besar). Padahal untuk kualitas nggak perlu ditanya lagi (anak UI, dan universitas lain aja nerusin S1 advertising aja di kampus gue. Dan tebak mereka tau dari mana... rekomendasi dosennya). Yaa, mungkin pendirinya berpikir kalo sekolah bermutu ya nggak perlu berpromosi. Haha.

Sekarang gue udah 2 tahun di sana. Gue udah diajarin banyak. Tentang psikologi pemasaran, teknik yang bagus untuk beriklan, dll. Tapi entah kenapa, gue tetep ngerasa kalo seharusnya gue kuliah psikologi aja. Dan gue sekarang malah pengen kerja di radio, atau majalah ketimbang di agensi. Padahal udah jelas kalo di agensi lebih bagus. Tapi... ya taulah. Mungkin cuma dalam fase krisis aja. :p

Udah dulu deh nulisnya. Gue nggak bisa nerangin lebih jauh tentang dunia iklan atau kampus gue sendiri, karena emang gue belom sangat-sangat-paham tentang seluk beluknya. Yang gue tau, kerja di dunia advertising itu dinamis, jadi nggak cepet bosen dan prospeknya bagus. Terus kalo mau belajar untuk bisa kerja di pekerjaan yang prospeknya bagus itu kampus gue ngebuka jalan ke sananya, karena ITKP punya hubungan ke beberapa tempat. Dan kalo lulus dari sana, lu nggak cuma bisa kerja di agensi, tapi banyak tempat. Jadi, gimana? Tertarik untuk mengenal dunia periklanan lebih jauh? Masuklah ke ITKP. :D

6 comments:

  1. elisabeth,
    mw tanya ni kalo mau nerusin S1 ke UI bisa gag?

    ReplyDelete
  2. . Yang banyak disodorin justru teknik komunikasi pemasaran. Gue nggak tau kenapa begitu, tapi salah satu senior gue bilang itu karena ITKP terkenal karena AE-nya.

    senior loe salah ... loe diajarin soal teknik komunikasi pemasaran krn that is what advertising is .. a marketing tool or promotion tool (to be exact) ... advertising bkn seni murni kyk lukisan atau pahatan yg berarti estetika di atas segalanya ... advertising itu alat jualan baik langsung atau tidak langsung :) ... tp gmn caranya bisa bikin suatu alat jualan jd menarik n tepat sasaran butuh kreatifitas jd makanya ada unsur estetika di dalamnya :)

    ReplyDelete
  3. @Elisabeth
    Wah kurang tau. Tapi buat apa? UI aja pindahnya ke sana. :p

    @Anonim
    Yeah, I know that. Tapi, beberapa hal malah lebih condong ke PR. Dan lagi hal-hal yang ngajarin gimana cara ngegunain kreativitas itu jadi maksimal minim, alias harus dipelajarin otodidak.

    ReplyDelete
  4. Kak disana yg kuliah rata2 cowo ya?apa ada cewenya?????dibales ya kak soalnya pgn masuk sana hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kok, seimbang lah.. coba aja masuk sana.. ni websitenya www.itkp.ac.id atau bisa langsung hubungin lwt facebooknya wwww.facebook.com/itkpid

      Delete