Thursday, December 17, 2009

Free Running

Sekarang adalah tanggal 17 Desember. Ada yang tau ini adalah hari apa?

Sekarang adalah hariiiiiiiiiii... HARI KAMIS!!!...

... hehe, bercanda deh. Yang bener adalaaaaaaah hariiiiiiiii... HARI SEBELOM JUM’AT!!!...

... oke, bercanda lagi deh.

Yang bener, sekarang itu adalah hari ulang tahun adek gue, dan juga hari ulang tahun temen gue yang namanya Pasqual (nama tidak disamarkan) yang sebenernya adalah seorang artis di blog ini.
Adek gue sekarang umurnya udah 16, dan kalo si Pasqual umurnya mungkin bisa disejajarin sama umur tulang-tulang Paleojavanikus di Bandung.
Penasaran si Pasqual itu kayak gimana. Nih fotonya:

Foto Pasqual (Foto tidak disamarkan).


Bingung kan, kenapa orang-orang yang gue kenal ini punya tanggal lahir yang sama?

(Baca: Nggak tuh. Biasa aja.)

Yaudah, kalo gitu nggak usah dibahas. Kasih aja mereka doa supaya makin dewasa dan nggak dikerjain sama temen-temennya di rumah dengan disiram kuah Mie Ayam padahal udah nraktir mereka sedemikian rupa (lho kok jadi curhat?).


Oh, iya.
Selain hari ini adalah hari ulang tahun adek, dan temen gue, hari ini juga hari pertama gue ikut latihan Free Running di Gelanggang Olahraga di Senayan lho.

Ada yang tau Free Running? Yak, bener. Itu adalah lari-lari bebas. Lu bebas mau lari kayak gimana juga. Mau lari make kaki, mau lari make tangan, mau lari sambil jalan (?), atau mau lari sambil diem (??). Pokoknya bebas...

KRIK.... KRIK... KRIK...

... oke, tadi bercanda yang terakhir deh.

Free Running sih kalo diartiin emang kayak yang gue bilang tadi, yaitu lari bebas. Jadi, lari-lari kayak jogging, lari-lari karena pengen, atau lari-lari dikejar warga sekomplek, gara-gara lu nyolong TV juga termasuk Free Running, soalnya lu bebas lari ke mana aja. Nggak ada garis akhir, atau waktu yang harus ditempuh. Pokoknya FREE dan kita Running.
Tapi, ini bukan itu. Free Running itu temennya Parkour.

Parkour itu olahraga ekstrim yang lompat-lompat. Yang dibutuhin cuma nyali sama bisa lompat, jadi, kalo Pocong bisa keluar siang, mungkin dia bakal join.
Yang gue tau sih, Parkour itu sebenernya seni bela diri. Bela diri kayak Silat, Kung Fu, Thai Boxing, atau Tae Kwon Do. Cuma, yang bedain Parkour sama bela diri laennya, yaitu: Parkour itu seni bela diri dengan cara melarikan diri (seenggaknya ini yang gue denger).

Jadi, parkour itu sama aja ngebela diri dengan cara kabur. Jadi, jelas banget, ini nggak bisa dipake untuk ngebela orang.


Lokasi: Di Jalanan.


Penjahat: Hey, noman (dibacanya sih kayak “Hanoman”, tapi maksudnya, “hey, nona manis”) serahkan uang, perhiasan, tas, kunci mobil, beras, kulkas, pakaian bekas, dan air bersih punyamu.

Noman: Gila ya! Penjahat jaman sekarang, kalo ngerampok nggak tanggung-tanggung! Tapi maaf, gue nggak mau ngasih.
Penjahat: Kalo begitu... tolong kasih nomer Hp aja deh.

Noman: 085x93xx56xx

Penjahat: Bah! Yang XXX itu berapa?

Noman: Sorry, itu nggak bisa gue kasih.

Penjahat: Kurjar lu (Kurang Ajar (kenapa gue jadi suka singkatan gini?) lu, maksudnya)! CEPAT KASIIIHHH!!! Atau lu gue tusuk make sedotan Aqua!

Noman: (sambil teriak) Tidaaaaaaaaaa...


20 menit kemudian...


Noman: aaaaaaaaaaaa...

Penjahat: Udah belom teriaknya?

Noman: aaaaaaaaaaa... belom... (lanjutin lagi) aaaaaaaa...

Penjahat: Yaudah, gue tinggal dulu ya. Gue haus, mau beli minuman.

Noman: aaaaaaa.... oh, iya.... (lanjutin teriak) aaaaaaaaa...


40 menit kemudian...


Noman: aaaaaaaaaaaaa...

Penjahat: (sambil minum Milk Shake) Srrrrt... sekarang udah belom?

Noman: aaaaaaaaaak. Udah ah. Kok nggak ada yang nolongin gue ya? Kan harusnya ada.

Penjahat: Oh, tadi sih dia udah dateng, dan mau ngelawan gue buat nyelametin lu. Tapi dia malah kabur. Berhubung gue males lari, jadi gue cuekin dah tuh orang.

Noman: ...


Oke, balik lagi ke kenyataan. Parkour itu nama sebelumnya adalah Yamakazi, dan awalnya dari Perancis.

(Baca: Kok lu jadi nyeritain? Nanti gue cari sendiri aja deh, di Wikipedia.)

Oh iya ya. Yaudah.

Kayak yang gue bilang, Parkour itu olahraga ekstrim yang loncat-loncat dari titik A ke titik B. Tapi loncat-loncatnya bukan loncat-loncat biasa. Parkour itu gerakannya mirip banget sama gerakan Ninja.

Tapi, yang gue ambil ini adalah Free Running, yang ekstrimnya ngelebihin Parkour. Soalnya, cara pandang Parkour sama Free Running itu beda. Kalo Parkour lebih mentingin, gimana pindah dari titik A ke titik B secara efisien, kalo Free Running lebih mentingin gerakan-gerakan akrobatik (kayak salto dan sejenisnya). Jadi, Free Running itu yang lebih mirip Ninja dibandingin Parkour.
Bahkan, mungkin semua gerakan Ninja-ninja di film Ninja Assassin itu (kecuali yang berantem-beranteman) 100% Free Running.

(Baca: Jadi, tidur, makan, nyuci baju, sama ciuman itu Free Running?)

Ya kecuali itu juga! Maksud gue, yang mirip itu semua gerakan yang lompat-lompat akrobatik, dan gerakan yang dikeluarin waktu kejar-kejaran doang.

Oke, balik lagi ke kisah gue.
Sebenernya sih, gue udah mau ikut yang kayak begini itu dari satu tahun yang lalu. Itu gara-gara temen dunia maya gue yang namanya Dyto, ngenalin olahraga ini ke gue, tapi sayangnya aja baru bisa direalisasikan tadi siang. Waktu gue dateng ke Gym senayan di pintu 4.

Sebelomnya sih, gue janjian dulu sama si Dyto ini buat ketemuan di FX jam setengah 1. Tapi, karena saking bersemangatnya, gue ketemuannya jadi lebih terburu-buru, yaitu waktu jam setengah 2.
Sebelom ketemu, gue nggak tau si Dyto ini kayak gimana, soalnya belom pernah ketemu.
Di bayangan gue, dia itu bocah blesteran Arab yang kalo ngomong selalu muncrat dan ingusnya keluar terus... dari kuping, tapi untungnya aja, bayangan gue tentang temen-temen dunia maya gue itu selalu lebih cacat dari aslinya. Jadi, si Dyto ini normal (tapi nggak tau juga, ya).

Si Dyto nganterin gue ke Gym-nya, di mana orang-orang latihan FR. Waktu gue masuk, gue udah ngeliat orang yang salto-salto. Waktu gue ngeliat orang salto-salto gitu, gue jadi keinget masa lalu. Waktu kelas 3 SD gue pernah salto di sofa untuk niruin tokoh idola gue waktu itu, Jeff Hardy (pemain gulat di acara Smack Down).
Jadi, waktu itu gue salto di atas sofa dengan kerennya, dan waktu di udara, dengkul gue dengan kerennya juga kena idung gue, lalu gue mendarat, dan tentunya gue tetep keren, walaupun darah-darah pada ngucur.

Di Gym itu, gue ngeliat orang-orang yang pada salto. Badannya berbentuk semua. Tonjolan di dada dan perutnya udah jadi, dan hampir semuanya nggak make baju alias telanjang dada (sayangnya mereka bukan cewek).
Tadinya sih gue juga mau telanjang dada, supaya tonjolan di badan gue juga keliatan kayak mereka, tapi kalo dipikir-pikir sih nggak usah. Soalnya, tonjolan di badan gue cuma tonjolan tulang-tulang rusuk yang keliatan gara-gara gue kurus kering. Sebenernya sih perut gue juga punya 4 setengah tonjolan (maksudnya tonjolan ke 5 dan 6 hampir kebentuk), tapi otot perut gue udah hampir ilang ditelan takdir. Mereka ilang karena gue makin gemuk, atau gara-gara gue jadi tambah kurus. Tapi, kalo gue ngaca, kayaknya sih gara-gara gue makin kurus.

Gue di sana cuma latihan 10 menit. Padahal waktu latihan itu 2 jam, dari jam 1 sampe jam 3. Kenapa gue Cuma latihan sebentar? Soalnya gue Cuma ngabisin waktu untuk ngeliat orang-orang di sana jungkir balik nggak karuan sambil terkagum-kagum. Selain itu... juga karena gue minder (masih cupu sih. :p).

Tapi nggak apa lah. Dari 10 menit itu, gue udah bisa nguasain 1 setengah trik (yang satu lagi belom begitu bener), yaitu: Lazy Vault sama Monkey Vault.
Oh, iya. Gue juga dapet hasil laen dari latihan tadi, yaitu: Temen-temen baru, dan kuku yang terkelupas (jangan dibayangin, nanti ngilu).

Oke deh, berhubung otak gue lagi nggak bisa mikir karena mikirin kuku gue terus (lho, ini mikir juga kan?), postingan yang sekarang sampe sini dulu deh.
Sekarang ini gue mau tidur dengan nyenyak, soalnya gue udah ngantuk dari tadi sor... Zzzz...

6 comments:

  1. hahah gokil.
    gw anak parkour di senayan cma gw pen tanya gym tempat latihan freerunner itu dmana ya,gw pen blajar sdikit acrobatik neh.

    ReplyDelete
  2. oiya lo anak parkour to freerunning nya,kan latihan nya pisah.....

    gw ryan lam knal bro

    ReplyDelete
  3. @Anonim
    Kan udah gue kasih tau cuy. Di pintu 4 senayan. :))

    @Ryan
    yo, salam kenal, Bro.
    Nggak, gue nggak pernah ikut Parkour sebelumnya.
    Temen gue si Dyto yang basiknya parkour.

    ReplyDelete
  4. kalo gym tempat temen" lo latian dimana ?

    ReplyDelete
  5. kalo gym tempat temen" lo latian dimana ?

    gw gak pnah liat ada gym di pintu 4,ape gw aje yang gak tau ye,hadehhhh.hehe

    ReplyDelete
  6. Ada, cuy.
    Ada Gym di sana. Tapi nggak tau deh masih aktif atau nggak anak2nya.
    Soalnya gue denger sih pernah ada masalah yang ngelibatin anak Gym senayan. Dan itu ngebuat sepuh Gym senayan jadi marah, dan anak2 gym 4 jadi males latihan karena takut.

    ReplyDelete